Mobil Sapu Angin ITS Targetkan Juara Lagi di Singapura

Mobil Sapu Angin karya terbaru ITS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id –  Tim Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS bertekad mempertahankan gelar juara lomba inovasi mobil hemat energi kampus se-Asia 2017 di Singapura. Lomba bertajuk 'Shell Eco Marathon Asia 2017' itu akan digelar di Negeri Singa pada 16 sampai 19 Maret 2017.

Tim Sapu Angin ITS pada Minggu, 12 Maret 2017, meluncurkan karya terbarunya, yakni 'Sapu Angin XI Evo 1', di Froantage Road depan kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur Jalan A Yani Surabaya. Mobil hemat energi tersebut penyempurnaan dari Sapu Angin sebelumnya yang proyeknya mulai dikerjakan pada 2006.

Rektor ITS, Joni Hermana mengatakan, Sapu Angin terbaru itu akan diikutkan pada kejuaraan 'Shell Eco Marathon Asia 2017'. Dia optimis karya anak didiknya itu mampu mempertahankan tujuh kali juara pada ajang serupa tahun-tahun sebelumnya.

L-Flood, Aplikasi Lengkap untuk Siaga Banjir

"Targetnya juara lagi," katanya.

Joni menjelaskan, 'Shell Eco Marathon Asia' sebelumnya melombakan mobil bermesin diesel dan bahan bakar solar dengan jarak uji coba mobil 400 kilometer dengan bahan bakar satu liter. Sementara tahun ini, selain diesel, juga dilombakan mobil berbahan bakar premium.

"ITS ikutkan lomba dua kategori itu," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berharap, ITS menciptakan sistem transportasi massal. Jenis transportasi ini diperlukan mengingat kian banyaknya jumlah kendaraan, sementara pertumbuhan ruas jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan manusia dan kendaraan. Konsekuensinya, datanglah kemacetan.

Harapan Mahasiswi Oxford Asal RI Berhasil Bikin Alat Panjangkan Usus

"Saya berharap ITS membuat grand design sistem transportasi Jatim di masa depan. Saya tidak ingin kita terlambat mengantisipasi kemacetan seperti di Jakarta," kata Gus Ipul. 

Ririn Efendi uji senapan dengan perangkat lunak buatannya

Pakai Joystick, Mahasiswa Aceh Buat Pengendali Senapan dari Jarak Jauh

Pengendali senapan nirkabel merupakan tugas akhir kuliah

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2019