Seperti Neo di Matrix, Manusia Bisa Belajar dengan Cepat

keanu reeves hadiri pemutaran perdana film John Wick
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA.co.id – Pernah menonton adegan dalam Matrix, ketika Neo (Keanu Reeves), dalam hitungan detik bisa mempelajari Kung Fu? Tak lama lagi, manusia bisa seperti Neo, bisa menyerap informasi dan gerakan dengan cepat kemudian menirukannya.

Inovasi Gila Elon Musk, Tanam Chip di Otak Manusia Pertama Kali

Dilansir Telegraph, para peneliti dari HRL Laboratories yang berbasis di California, mengklaim telah memiliki cara agar manusia bisa cepat belajar. Bahkan lebih cepat ketimbang yang dipertontonkan di adegan Matrix.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menelusuri sinyal elektrik dalam otak milih seorang pilot yang sedang latihan terbang. Data pelatihan terbang itu pun kemudian ditransfer ke subjek lainnya agar bisa mempelajari cara menerbangkan pesawat menggunakan simulator terbang realistik.

Fakta Mengejutkan Soal Otak, Ternyata Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Stimulasi Otak

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa subjek yang mendapatkan informasi dari stimulasi otak melalui elektroda di penutup kepala, mampu menerima pelajaran atau informasi lebih cepat. Bahkan mereka mampu menerapkannya, 33 persen lebih baik ketimbang subjek lainnya.

Berapa Lama Otak Bisa Hidup Tanpa Oksigen?

"Ketika anda mempelajari sesuatu, fisik otak secara tidak langsung berubah. Koneksi pun terbuat dan memperkuat prosesnya yang disebut neuro-plasticity. Ternyata, beberapa fungsi otak, seperti kemampuan berbicara dan memori, berada di wilayah khusus di otak," ujar Dr. Matthew Philips.

Dia menjelaskan jika sejatinya sistem tubuh manusia sangat unik, bisa distimulasi. Metode yang digunakan ini ternyata telah ada sejak 4000 tahun lalu oleh bangsa Mesir. Menurut Philips, Mesir menggunakan sengatan ikan listrik untuk menstimulasi atau mengurangi rasa sakit. (ren)

Elon Musk.

Elon Musk Cetak Sejarah

Elon Musk akhirnya berhasil dilakukan usai bertahun-tahun Neuralink melakukan uji coba. Seperti diketahui Neuralink merupakan perusahaan rintisan implan otak miliknya.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024