Rumah Sakit Pakai Data Center, Harap Keamanan Data Terjamin

Seorang perawat tengah membereskan ranjang pasien di suatu rumah sakit.
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Industri kesehatan yang selalu meningkat pesat tidak terlepas dari kebutuhan layanan Teknologi Informasi (IT) yang mendukung. Pasar yang besar dan banyaknya instansi yang terlibat, membutuhkan solusi teknologi informasi untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan kenyamanan terhadap layanan kesehatan.

Bisnis Data Center di Indonesia Makin Ketat

Sebagai perusahaan penyedia solusi IT terbesar di Indonesia, Telkomsigma merasa perlu melakukan pendekatan teknologi ke rumah sakit-rumah sakit di Indonesia. Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga menjadi yang berikutnya menggunakan jasa manajemen dan pelaksanaan teknologi informasi untuk menunjang pelayanan kesehatan.

Mitra Keluarga resmi menggunakan berbagai layanan milik Telkomsigma dan afiliasinya. Beberapa layanan yang dimaksud seperti jasa manajemen dan pelaksanaan infrastruktur sistem dan layanan terkelola SAP (SAP infrastructure server system and managed services), data center, disaster recovery center, UseeTV dan wi-fi, serta layanan sambungan komunikasi (communication link).

Anak Usaha Telkom Bikin Bank dan Fintech Sama-sama Untung

"Solusi IT dari Telkomsigma, yang telah diimplementasikan di Mitra Keluarga, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan kecepatan pelayanan. Serta layanan data center yang mereka miliki diharapkan dapat menjamin keamanan data kami,” ungkap Rustiyan Oen, CEO Mitra Keluarga, di Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Dijelaskan CEO Telkomsigma, Judi Achmadi, solusi secara end to end, mulai dari SAP (SAP infrastructure server system and managed services), data center, disaster recovery center, UseeTV dan wi-fi, serta layanan sambungan komunikasi (communication link) ini, diyakini akan memberikan implikasi value added yang positif terhadap pelayanan pasien Mitra Keluarga.

Siap-siap, Indonesia Jadi 'Ladang Duit' Cloud Computing Asing

"Mereka tidak perlu khawatir terhadap kehandalan sarana utama ICT untuk kelangsungan bisnisnya, karena keseluruhan aspek security, reliability dan availability infrastruktur ICT-nya dijamin oleh telkomsigma yang didukung penuh oleh Telkom Indonesia," kata Judi.

Telkomsigma sendiri merupakan market leader penyedia layanan Data Center yang terbesar di Indonesia dan telah memiliki customer based dari multi industri dan didukung oleh struktur dan infrastruktur handal berstandar internasional. Telkomsigma juga menjadi pemilik kapasitas Data Center terluas dengan ketersediaan 120,000 sqm yang tersebar di seluruh  Indonesia dengan spesifikasi teknis Tier II sampai dengan Tier IV. (ren)

Cloud computing atau komputasi awan.

Teknologi Ini Mampu Mengelola dan Melindungi Data dari Penyusup

Operasi komputasi berbasis edge computing semakin penting untuk mempercepat pengolahan data dari lokal dan perangkat IoT ke teknologi cloud.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2021