Astrofisikawan Tak Percaya Alien Akan Ditemukan

Foto Bumi dari luar angkasa yang diambil pada 2013
  • space.com

VIVA.co.id – Seorang astrofisikawan asal Amerika, Neil deGrasse Tyson, mengatakan bahwa dia tidak percaya alien akan ditemukan dalam waktu dekat. Banyak pertimbangan yang ia utarakan terkait hal itu.

Perburuan Alien Tetap Gaspol

Pernyataan itu diungkapkannya saat menjawab pertanyaan anggota forum Reddit. Ada seorang yang bertanya, apakah mungkin manusia bisa melakukan kontak dengan organisme kompleks dalam kurun 50 tahun ke depan?

"Saya kira tidak, karena jarak kita dengan makhluk lainnya di luar angkasa sangat jauh satu sama lain, dan juga dari sisi waktu," ujar Tyson, seperti dikutip melalui Science Alert.

Viral Terekam Sosok Hitam Besar Berjalan Sesaat Sebelum Hujan

Dia mengatakan, organisme kompleks yang dimaksud dalam pertanyaan ini adalah organisme satu sel atau makhluk hidup dengan tangan, kaki, dan lainnya.

"Ini sudah menyangkut kapasitas kita untuk bisa melakukan perjalanan antarplanet. Dan ini sudah pasti tidak akan terjadi dalam kurun 50 tahun ke depan. Bukan hal yang mudah untuk dilakukan dari sekarang," katanya.

Carilah Air, Baru Bisa Ketemu Alien

Jawaban Tyson ini sama dengan paradoks Fermi yang diyakini para ilmuwan. Dalam paradoks tersebut mengungkap mengapa seolah hanya ada manusia di Bumi, sedangkan di planet lain tidak ada makhluk hidup.

Jawabannya karena setiap planet memiliki jarak yang sangat jauh dan ditempuh dalam kurun waktu yang sangat lama. Bahkan dalam Galaksi Bima Sakti, ada sekitar 100 miliar planet. (art)

Alien.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Para ilmuwan hanya membutuhkan sebutir es untuk mendeteksi kehidupan alien di Enceladus, demikian temuan penelitian.

26 Maret 2024