Qualcomm Ingin Blokir iPhone

Gedung Qualcomm.
Sumber :

VIVA.co.id – Konflik Qualcomm dan Apple kian meruncing. Terbaru, Qualcomm dilaporkan berambisi untuk memblokir iPhone masuk ke Amerika Serikat. 

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Untuk memuluskan rencana itu, menurut sumber yang mengetahui masalah ini, Qualcomm akan meminta International Trade Commision memblokir iPhone buatan Asia masuk ke AS.

ITC merupakan institusi yang punya otoritas membatasi impor produk yang melanggar hak kekayaan intelektual. Permintaan ini jika dimuluskan akan mengancam masuknya iPhone 8 ke Negeri Paman Sam. 

Samsung Galaxy A05s Tampil Beda

Dikutip dari Market Watch, Kamis 4 Mei 2017, langkah Qualcomm itu makin memperkeruh perseteruan dengan Apple. 

Sebelumnya, Qualcomm dan Apple tersangkut dalam kasus pelanggaran paten. Pada Januari lalu, Apple menggugat Qualcomm senilai US$1 miliar. Apple menuding manufaktur chip itu meminta biaya lisensi yang terlalu tinggi. 

Poco Ngebet Jadi Penguasa Ponsel Gaming di Pasar Indonesia

Qualcomm tak tinggal diam. Pada April, produsen chip asal San Diego itu menyerang balik Apple. Qualcomm menegaskan model bisnis lisensinya itu tak ada masalah, dan menyindir bisnis Apple tak akan berkembang tanpa ada teknologi dari Qualcomm. 

Qualcomm diketahui memegang paten teknologi di dalam tiap smartphone termasuk iPhone. Pembuat chip itu mematok 5 persen kepada manufaktur untuk tiap harga ritel per perangkat yang memakai lisensi teknologinya. 

Sektor lisensi ini memang menjadi penyokong utama bisnis yang paling menguntungkan bagi Qualcomm. Dampak dari konflik royalti dengan Apple atas lisensi teknologinya, Qualcomm memangkas prospek pendapatan untuk kuartal saat ini hingga US$500 juta. Pemotongan itu sebagian besar terkait dengan biaya royalti yang tak tertagih dari Apple. 

Sementara itu, di sisi Apple, iPhone merupakan bisnis yang paling menguntungkan bagi perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu. Meski terjadi penurunan penjualan iPhone pada kuartal lalu, Apple tercatat telah menjual 50,7 juta iPhone dengan pendapatan penjualan mencapai US$33,25 miliar. 

Menurut laporan pendapatan perusahaan, pencapaian US$33,25 miliar itu berkontribusi sekitar 63 persen dari total pendapatan Apple. Sekitar 40 persen penjualan iPhone berasal dari luar pasar AS. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya