VIDEO: SpaceX Pamer Uji Coba Roket Pembawa Manusia ke Mars

Satelit Merah Putih siap diluncurkan Roket Falcon-9 milik SpaceX.
Sumber :
  • Twitter/@SpaceX

VIVA.co.id – Perusahaan antariksa swasta, SpaceX selangkah lebih maju dalam persiapan pengiriman misi ke Planet Mars. Perusahaan besutan miliuner teknologi Elon Musk itu, memamerkan uji coba roket super mereka, Falcon Heavy.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Dalam video yang diunggah di akun Twitter, SpaceX menjelaskan, roket tersebut telah sukses menjalankan uji peluncuran statis pertama. Uji coba itu sejatinya telah dilakukan pekan lalu dan baru diunggah di Twitter. 

Setelah melewati fase uji coba, roket terbesar buatan SpaceX itu nantinya akan membawa muatan robotik dan digadang-gadang bisa membawa awak ke Bulan dan Planet Merah. 

Momen Membanggakan Saat Narendra Modi Menyaksikan Peluncuran Roket India ke Bulan

Roket yang lebih super dibanding roket Falcon 9 itu  juga akan seperti roket besutan SpaceX sebelumnya yang bisa dipakai lagi setelah peluncuran sebuah misi. Nantinya SpaceX bisa mendaratkan second stage roket Falcon Heavy ke daratan setelah terbang ke antariksa. Skema ini akan mengefisienkan biaya misi peluncuran misi ke antariksa. 

Sebagaimana diketahui, Elon Musk berambisi menjadi yang pertama mengirimkan koloni dan misi ke Mars dengan menggunakan roket Falcon Heavy. Malahan, Musk pernah sesumbar, misi itu bisa dilakukan sekitar 2020. 

Pertama Kalinya Setelah 47 Tahun , Rusia Luncurkan Roket untuk Misi ke Bulan

Namun, melihat perkembangan terkini, banyak yang meyakini ambisi itu bisa terlaksana bukan dalam satu atau dua tahun ini, tapi dalam beberapa tahun ke depan. 

 
Roket kormesial pertama Jepang meledak usai lepas landas.

Ngeri, Roket Komersial Pertama Jepang Meledak Usai Lepas Landas

Percobaan peluncuran roket komersial pertama Jepang mengalami kegagalan dramatis hanya beberapa saat setelah lepas landas. Hal tersebut terekam dan hal ini jadi sebabnya.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024