RSAB Harapan Kita 'Siaga' Serangan Virus Ransomware

Rumah Sakit Anak Bunda (RSAB) Harapan Kita
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Bagian teknologi informasi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Palmerah, Jakarta Barat, siaga menyusul adanya informasi bahwa sistem komputer di rumah sakit itu disasar perangkat lunak berbahaya (malicious software/malware) berjenis Ransomware bernama WannaCRY.

Awas, Dark Web Makin Mengganas

Humas RSAB Harapan Kita, Kurniati mengatakan, bagian teknologi informasi rumah sakit itu akan segera melakukan penanganan jika serangan siber yang diisukan, benar-benar terjadi.

"Ini dari IT-nya tetap stand by. Untuk memantau ini. Kalaupun misalnya ada gangguan-gangguan internal kecil saja, itu biasanya langsung disampaikan ke pihak manajemen, kemudian langsung direspon," ujar Kurniati melalui sambungan telepon kepada VIVA.co.id, Sabtu, 13 Mei 2017.

Soal Dugaan Sistem IT KAI Kena Serangan Ransomware, Manajemen Gelar Investigasi

Kurniati memastikan, serangan siber yang diisukan terjadi kepada sebuah rumah sakit bernama 'Harapan Kita' di Jakarta tidak terjadi kepada RSAB Harapan Kita. Menurutnya, pelayanan serta penerimaan pasien di sana berlangsung normal tanpa mengalami gangguan.

"Pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Sampai saat ini tidak ada gangguan. Masih aman. Mudah-mudahan aman terus," ujar Kurniati.

Pengamanan Berlapis untuk Menangkis Ransomware

Sebelumnya, humas Rumah Sakit Jantung Harapan Kita juga telah membantah serangan siber terjadi kepada rumah sakitnya. (mus)

Hacker.

Kelompok Ini Angkat Hacker Jadi Karyawan, Targetnya Pemerintah

Kelompok ransomware bertarget mempekerjakan penjahat siber atau hacker sebagai karyawan untuk menjalankan operasi. Mereka membidik entitas pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024