3 Panduan Mudah Ramadan ala Google

Google meluncurkan 'Google Teman Ramadan'.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesti

VIVA.co.id – Bulan Ramadan kini semakin dimudahkan dengan fitur-fitur yang dapat menemani kegiatan puasa melalui mesin pencari Google Search. Pada kesempatan ini, Google mengenalkan fitur barunya yang bertemakan Ramadan.

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Berikut panduan yang didapatkan VIVA.co.id, Senin malam, 29 Mei 2017, saat mengikuti launching #GoogleTemanRamadan, sebagaimana dikatakan oleh Mira Sumanti selaku Product Marketing Manager, Search & Maps, Google Indonesia.

Resep Ramadan

Nasida Ria Kolab Bareng JKT48 Bertemakan Ramadhan

“Masak apa hari ini?” pertanyaan seperti ini kerap muncul setiap kali Anda ingin menyajikan menu spesial di bulan Ramadan. Kini, Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk mendapatkan menu berbuka.

Melalui fitur resep Ramadan yang telah terintegrasi, Anda akan mendapatkan inspirasi memasak untuk hari ini lewat kategori makanan yang ditampilkan. Mulai dari sup, ayam, hingga manisan untuk sajian berbuka setiap harinya.

Terpopuler: Persib Bandung Rekrut Eks Karyawan Google, Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

Hitung Mundur Matahari Tenggelam

Sekarang, Anda bisa tahu kapan matahari tenggelam di Google App. Coba katakan “OK Google, kapan matahari tenggelam?” Mira mengatakan, fitur voice search bekerja baik bila dalam setelan Bahasa Indonesia.

Caranya, dengan masuk ke aplikasi Google App, pergi ke “Setelan”, kemudian masuk ke “Bahasa Penelusuran”, dan ubah menjadi Bahasa Indonesia.

"Lengkapi langkah selanjutnya dengan masuk ke pilihan 'Suara', pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dan simpan di pengaturan. Jangan lupa aktifkan deteksi 'OK Google' pada pilihan 'Suara' untuk memaksimalkan fitur voice search di Ponsel Pintar Anda," jelas Mira.

Cari Meja di Google Maps

Menjelang waktu berbuka puasa, kemacetan tidak terhindarkan, sementara waktu berbuka semakin dekat. Anda dapat memesan restoran terdekat dari lokasi hanya dengan jentikan jari di fitur Cari Meja (Find a Table) di Google Maps.

"Pesan secara langsung dari Google Maps yang bekerja sama dengan Qraved dan Chope, dan voila! Anda tidak perlu takut tidak kebagian tempat karena restoran sudah tereservasi," ungkap Mira.

Dalam aplikasi Google Maps, ketik nama restoran yang ingin Anda reservasi, kemudian pilih Cari Meja (Find a Table). Lalu, Anda akan dibawa menuju ke halaman reservasi.

Untuk pengguna iOS, temukan pilihan Book Now yang berada di bawah halaman. Kemudian pilih jumlah meja yang akan Anda booking, selanjutnya masukkan tanggal dan waktu reservasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya