Misi 'Menyentuh' Matahari Kuak Misteri Antariksa

Ilustrasi wahana Solar Probe Plus
Sumber :
  • www.sciencealert.com/The Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA segera mengumumkan misi pertamanya ‘menyentuh’ Matahari. NASA akan mempublikasikan misi terbang langsung ke atmosfer sang surya itu besok, 31 Mei 2017.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Wahana antariksa Solar Probe Plus akan menjalani misi menyentuh Matahari. Menurut jadwal, wahana itu akan meluncur ke antariksa pada Agustus 2018, dan akan mengorbit 6,4 juta kilometer dari permukaan pusat Tata Surya tersebut. Jarak dekat wahana itu melebihi orbit planet terdekat Matahari, Merkurius. Planet ini mengorbit pada jarak antara sekitar 46 dan 70 juta Km. Arus radiasi yang konstan dan badai partikel yang kuat dari Matahari, benar-benar mengubah permukaan dan atmosfer Merkurius.

Dengan jarak yang dekat itu, Solar Probe Plus akan menghadapi panas dan radiasi yang tidak biasa seperti pesawat ruang angkasa pada umumnya. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

“(Solar Probe Plus) akan mengeksplorasi atmosfer luar Matahari dan melakukan pengamatan penting yang akan menjawab pertanyaan puluhan tahun, tentang fisika, tentang bagaimana bintang bekerja," kata NASA dalam pernyataan dikutip Space.com, Rabu 30 Mei 2017.

NASA menyatakan, data pengamatan yang dihasilkan akan memperbaiki prakiraan cuaca luar angkasa yang mempengaruhi kehidupan di Bumi, satelit dan astronaut di luar angkasa.

Astronot Termuda China Berangkat ke Luar Angkasa dalam Misi 6 Bulan

Pembicara yang dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pengumuman misi adalah Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA; Nicola Fox, ilmuwan proyek misi di Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory di Laurel, Maryland; Eugene Parker, seorang profesor emeritus di University of Chicago; Eric Isaacs, wakil presiden eksekutif untuk penelitian, inovasi dan laboratorium nasional di University of Chicago; dan Rocky Kolb, dekan Divisi Ilmu Fisika di University of Chicago. 

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024