Dekati Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan di Lokasi Wisata

Telkomsel Perkuat Jaringan di Lokasi Wisata.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA.co.id – Menjelang periode mudik dan libur Lebaran, Telkomsel berupaya meningkatkan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan.

Telkomsel Gandeng Halodoc, Apa Sih Untungnya Buat Pelanggan?

Optimalisasi jaringan dilakukan tidak hanya di titik-titik kepadatan mudik, namun juga di lokasi wisata yang dikunjungi para pelanggan selama libur Lebaran.

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan mengatakan, penguatan jaringan akan dipusatkan di titik transit tempat berkumpulnya para pemudik, seperti rest area, bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan.

Q3 2019, Telkomsel Operasikan 14.990 BTS di Indonesia

Selain itu, penguatan dilakukan di sejumlah titik destinasi wisata seperti pusat perbelanjaan atau mal, taman rekreasi, objek wisata alam seperti pantai, resort atau tempat penginapan yang biasanya dimanfaatkan para pelanggan.

"Terdapat 527 titik wisata yang sudah diidentifikasi dan diperkirakan mengalami lonjakan trafik layanan komunikasi pada H-7 hingga H+7 Lebaran,” kata Bob dalam keterangannya, Rabu 14 Juni 2017.

Telkomsel Persembahkan by.U untuk Gen Z

Untuk itu, menurut dia, Telkomsel berupaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan komunikasi dengan memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik.

Bob menilai, perilaku komunikasi wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data dipicu dengan seringnya wisatawan mengunggah foto dan video aktivitas, panorama lokasi wisata, serta aplikasi pesan instan di media sosial.

"Trafik layanan data atau payload di lokasi wisata pada momen libur Lebaran diperkirakan meningkat 32 persen, bila dibandingkan dengan hari biasa. Khusus untuk layanan 4G, peningkatan payload diprediksi bisa mencapai 86 persen," tuturnya.

Untuk mengantisipasi tingginya penggunaan data di lokasi wisata, Bob mengatakan, Telkomsel akan memperkuat sekitar 1.500 base transceiver station (BTS). Lebih dari 450 BTS di antaranya merupakan BTS 4G atau eNodeB.

Ia mengklaim telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau PoI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata. Area ini diprediksi mengalami lonjakan komunikasi yang cukup.

Sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS disiagakan untuk meningkatkan layanan data.

Pada periode Lebaran, pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 140.000 BTS di berbagai penjuru negeri. Lebih dari 60 persen merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 1.687 Gbps.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya