Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Rabu, 28 Juni 2017 | 21:06 WIB
  • Menkominfo Wanti-wanti Maskapai Soal Ransomware Petya

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Afra Augesti
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, meminta masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi serangan virus ransomware Petya dengan pengamanan data. 

"Saat ini, dalam skala global sedang terjadi serangan virus ransomware Petya. Pemerintah terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus Petya ini di Indonesia," tutur Rudiantara melalui pesan singkatnya, Rabu 28 Juni 2017.

Menurutnya, cara kerja virus Petya sama seperti dengan ransomware WannaCry. "Cara kerjanya mirip dengan ransomware WannaCry yang menyerang skala global pada 13 Mei yang lalu," katanya.

Melalui pengawas jaringan internet id-SIRTII/CC, pemerintah telah mengeluarkan notifikasi kepada seluruh stakeholders. Chief RA, sapaan akrab Rudiantara, mengingatkan kepada masyarakat luas untuk melakukan backup data sebelum mengaktifkan komputer.

Lihat juga

"Selain backup data, pastikan melakukan update security patch terbaru sebagai langkah antisipasi," ujarnya.

Serangan ransomware bernama Petya dikabarkan telah masuk ke sistem komputer di beberapa negara di Eropa dan Asia Selatan. Chief RA mengimbau agar ransomware ini harus diwaspadai dan diantisipasi sedini mungkin.

"Dalam kondisi liburan ini, saya mengimbau kepada penyelenggara sistem elektronik atau komputer maskapai penerbangan dan bandara untuk tetap terkondisi normal. Jangan sampai terkena malware yang menyebabkan disfungsi sistem komputer untuk pelayanan publik,” tuturnya. (ase)

Saksikan Juga
Terpopuler