Hewan Marsupial Langka Lahir di Australia

Hairy-nosed Wombat
Sumber :
  • Arkive/ Dave Watts

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, seekor hewan marsupial langka, wombat hidung berbulu lahir di negara asalnya, Australia. Wombat merupakan hewan yang masuk dalam kategori langka di dunia.

130 Tahun Dinyatakan Punah, Hewan Bertaring Ini Muncul Kembali

Wombat itu lahir di Richard Underwood Nature Refuge, yang berlokasi sekitar 500 kilometer barat Brisbane. Jumlah wombat diperkirakan hanya ada 250 ekor di alam liar.

"Ketika kami memulai program ini (konservasi wombat) pada 2009, jumlah wombat hidung berbulu hanya sekitar 138 ekor, berlokasi di Taman Nasional Hutan Epping," ujar Menteri Lingkungan Queensland, Steven Miles, kepada Xinhua.

Viral Kadal Bertubuh Ular Ditemukan, Menguak Rahasia Ini

Untuk melindungi marsupial yang langka itu, penyelenggara konservasi mengelilingi lahan dengan pagar yang kuat dan bisa melindungi dari para predator. Ditambahkan juga sejumlah titik air untuk wombat tersebut. Para staf konservasi pun bisa memantau perilaku para hewan tersebut karena dilengkapi dengan kamera dan peralatan pendukung lainnya.

"Kelahiran ini merupakan akhir penantian lama kami. Selama 10 bulan belakangan kami semakin mengintensifkan pemantauan," katanya.

Heboh Penemuan Burung Kuau Raja, Maskot Sumatera Barat yang Hampir Punah

Bayi marsupial bernama Joey itu keluar pertama kali dengan sikap pemalu. Namun para peneliti berharap Joey akan menjadi lebih aktif seiring dengan usia yang akan bertambah. (mus)

Ikan Pari Jawa punah.

Ikan Pari Jawa Punah, Tragedi Lingkungan Akibat Ulah Manusia

Seekor ikan pari Jawa (Java Stingaree) secara resmi dinyatakan punah dan dimasukkan ke dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah oleh IUCN.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023