Telegram Kini Punya Fitur 'Penghancur' Foto dan Video

Ilustrasi/Aplikasi Telegram.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA.co.id – Layanan jejaring sosial Telegram kini memiliki fitur baru yang bisa menghapus foto maupun video dari teman sesama chatting (one-to-one chats).

Telegram Padam dari Semalam

Mengutip Mashable, Senin, 24 Juli 2017, layanan asal Rusia ini menawarkan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption). Artinya, kunci untuk mengenkripsi chatting akan disimpan hanya oleh pengguna.

Fitur terbarunya ini mampu menerapkan self-destruct message saat chatting berlangsung. Caranya, Anda tinggal mengatur timer, lalu memilih video dan foto yang akan dihapus.

Telegram Panen 70 Juta Pengguna Akibat WA-IG-FB Down

Fitur ini mungkin tidak akan memuaskan pihak berwenang, yang baru-baru ini mendapat kecaman di beberapa negara, karena layanan ini memang didesain untuk percakapan rahasia dan mencegah penyadapan dari pihak Rusia.

Percakapan rahasia di Telegram berbeda dari pesan biasa. Sebab, bisa disinkronkan di seluruh perangkat dan antara desktop dan ponsel.

WhatsApp Padam, Sementara Pakai Aplikasi Ini

Telegram juga diklaim aplikasi chatting tercepat dan paling aman di dunia, sehingga percakapan rahasia hanya di-hosting pada perangkat pengirim dan penerima, dan tidak disimpan di komputasi awan (cloud) Telegram.

Seperti diketahui, Indonesia memblokir akses ke Telegram di web, dengan mengatakan bahwa layanan tersebut digunakan untuk menyebarkan propaganda radikal dan teroris. (ase)

Aplikasi Telegram.

Foto Perempuan Telanjang Bocor Tanpa Izin di Telegram

Investigasi BBC menemukan bahwa foto dan video intim perempuan dibagikan di grup-grup dengan banyak anggota di Telegram.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022