Tim Pelajar DKI Jakarta Raih Tempat Ketiga Olimpiade Iptek

Tim Pelajar DKI Jakarta di Moskow, Rusia
Sumber :
  • Kedubes RI Moskow

VIVA.co.id – Tim Pelajar DKI Jakarta berhasil meraih tempat terbaik ketiga dalam olimpiade iptek, the 2nd International Olympiad of Metropolises di Moskow yang berlangsung 4-9 September 2017. Olimpiade ini diikuti oleh sekitar 400 orang peserta dari 36 kota dunia, 26 negara di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika Latin. Tim pelajar DKI merupakan satu-satunya wakil dari Asia Tenggara.

Xi Jinping Dikritik Sudah Tak Lagi Mampu Tangani COVID-19 di China

Ketua Tim sekaligus pendamping Tim Pelajar DKI Jakarta, Muhamad Husin, mengatakan ada banyak pengalaman berharga yang bisa didapat tim pelajar Indonesia dalam olimpiade tersebut. Husin memuji tim pelajar DKI dapat berpikir kritis, seperti keberanian berdebat dengan juri saat moderasi karena nilai yang diberikan dianggap keliru.

“Selain itu, makna olimpiade sangat menarik, yaitu setiap peserta bukanlah musuh, tetapi teman di masa depan,” kata Husin saat bertemu Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi di Moskow, dalam keterangannya, Senin 11 September 2017.
 
Tim Pelajar DKI Jakarta menempati posisi ketiga bersama beberapa kota lainnya, seperti Istanbul, Budapest, Zagreb, Chengdu, Leipzig dan Riga. Posisi pertama diraih oleh Moskow, Hong Kong dan Shanghai. Sedangkan posisi kedua ditempati St. Petersburg, Krakow, Minsk, Sofia dan Belgrade.
 
Duta Besar Wahid mengatakan, kehadiran tim pelajar DKI Jakarta tidak hanya membawa nama baik Jakarta, tapi juga bangsa Indonesia.

Perjuangan Nadine Zahiruddin, Pelajar Indonesia Pengantar Batik Bomba ke Tangan Elon Musk

“Apa yang dilakukan para pelajar juga merupakan bagian dari diplomasi, karena diplomasi tidak hanya dilakukan para diplomat,” ujar Duta Besar Wahid. 
 
Tim Pelajar DKI Jakarta terdiri dari 8 orang peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Jakarta, yaitu SMAK 5 BPK Penabur, SMA Negeri 8, SMANU MH Thamrin, SMA Kolese Kanisius dan SMA Santa Ursula.
 
Meski suhu udara di Moskow yang agak dingin di musim gugur ini, yang rata-rata 15 derajat celsius, tidak menghalangi semangat pelajar DKI Jakarta untuk berlomba. Tim tersebut mendapatkan medali, 2 perak dan 6 perunggu.

Medali perak dipersembahkan oleh Jason Jovi Brata untuk kategori Fisika dan Rendy Wijaya untuk Kimia. Sementara medali perunggu dipersembahkan oleh Prawira Satya Darma (Fisika), Filbert Fedinand dan Kristoforus Jason (Matematika), Muhammad Ariqsyah Indra (Kimia), Inigo Ramli dan Rania Rusdy (Informatika).
 
“Banyak peserta yang sudah memiliki pengalaman di berbagai olimpiade sehingga mereka terlihat siap berlomba. Kita perlu persiapan yang lebih banyak lagi untuk lomba seperti ini di masa mendatang,” kata salah seorang peserta Tim Pelajar DKI Jakarta, Inigo Ramli. (ase)

Visa Pelajar Indonesia ke China Sudah Dapat Diproses Bulan Ini
Pemimpin PPI Dunia Terpilih, Hamzah Assuudy Lubis

Sah! PPI Dunia Pilih Hamzah Assuudy Lubis Sebagai Pemimpin Termuda

Hamzah Assuudy Lubis, resmi menjadi pemimpin Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2023