Burung Hantu Punya Pendengaran Awet Muda, Ini Rahasianya
Jumat, 22 September 2017 | 07:45 WIB

Burung Hantu Punya Pendengaran Awet Muda, Ini Rahasianya

Pendengaran burung hantu lebih baik dari burung jalak.
Burung Hantu
Photo :
  • wallpapersonview.com

Burung Hantu

VIVA.co.id – Para ilmuwan mengungkapkan burung hantu Barn masih tetap memiliki pendengaran yang baik sampai usia tua. Sebelumnya, ilmuwan menganggap hanya burung jalak yang memiliki kemampuan ini, tapi fakta di lapangan menunjukkan bukti lain. Ini berarti, sistem pendengaran burung tersebut dilindungi dari rapuhnya usia mereka.

Memahami lebih banyak tentang ‘telinga awet muda’ dari seekor burung hantu, dinilai dapat membantu mengembangkan perawatan untuk masalah pendengaran manusia. Ilmuwan mengatakan, anggota kelompok hewan bertulang belakang ini mampu secara alami memperbaiki kerusakan pada telinga bagian dalam.

Peneliti University of Oldenburg, Jerman, George Klump mengatakan burung hantu terus memelihara pendengaran mereka sampai usia yang sangat tua.

"Burung bisa memperbaiki telinga mereka sendiri, layaknya manusia yang bisa mengobati luka. Manusia tidak bisa menumbuhkan kembali sel sensoris telinga, tapi burung bisa melakukan ini," kata Klump dalam studi tersebut, dikutip dari BBC, Kamis 21 September 2017.