Hackathon 2 Jam, Telkomsigma Temukan 6 Aplikasi Baru

Ilustrasi alamat domain Internet.
Sumber :
  • telecomcanadaen.wordpress.com

VIVA.co.id – Digitalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) terus dilakukan para perusahaan penyedia teknologi, tak terkecuali anak usaha BUMN Telkom, Telkomsigma, di mana setelah menggelar free hosting berlanjut dengan hackathon.

Teknologi Ini Mampu Mengelola dan Melindungi Data dari Penyusup

Hackathon adalah kegiatan yang melibatkan kumpulan programmer, project manager, atau ICT enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking) guna menyelesaikan masalah tertentu dengan solusi teknologi.

Pembuatan aplikasi biasanya dibatasi dalam waktu singkat.

Bisnis Data Center di Indonesia Makin Ketat

“Hackathon Free Hosting Merah Putih dilaksanakan bertepatan tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah (Kamis 21 September 2017), yang dilaksanakan di Digital Lounge (DiLo) Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh 50 startup dan pelajar-pelajar di Makassar,” ungkap Direktur Solution Operation Telkom Sigma Achmad Sugiarto, dalam keterangannya, Kamis, 28 September 2017.

Dikatakan pria yang kerap dipanggil Anto ini, Telkomsigma saat ini memang gencar membawa pelaku UMKM, startup, dan pelaku industri kreatif untuk go digital melalui penawaran Free Hosting Merah Putih.

Anak Usaha Telkom Bikin Bank dan Fintech Sama-sama Untung

FreeHostingMerahPutih.id sendiri diluncurkan bertepatan pada hari Kemerdekaan 72 tahun Indonesia Merdeka (17 Agustus 2017) lalu.

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki 72 Mb Space, 7200 Mb Trafik, engine Cpanel, termasuk di dalamnya mempunyai lebih dari 100 paket software open source yang dapat langsung dipilih seperti blog platform, project management, Enterprise Resource Planning (ERP), dan sebagainya.

Dilengkapi juga registrasi online secara langsung dan mudah ke sistem https://freehostingmerahputih.id dengan notifikasi email dan OTP (one time password) melalui jaringan selular.

"Tujuan acara ini adalah mendukung program Presiden Jokowi pada US-ASEAN Summit lalu, yakni digitalisasi usaha kecil, membawa manfaat bagi kehidupan sosial dan ekonomi. Kita kembali ke basic logika pemrograman online menggunakan PHP dan DataBase MySQL, agar makin banyak menghasilkan inovasi baru, dengan menggunakan Free Hosting Merah Putih memberikan kemudahan dan percepat masyarakat Indonesia untuk melahirkan ide ide kreatifnya," kata Anto.

Dalam kurun 2 jam, para peserta diklaim mampu menghasilkan ide-ide, baik dari Aplikasi, Ide Content dan User Interference/User experience.

Bahkan ada ide inovasi menarik lainnya, seperti advertising and freelance design, dan sebagainya. Berikut ini daftar pemenang Hackathon Merah Putih:

Juara 1  Tema : Inovasi Hosting
http://iacreative.hostingmerahputih.id

Juara 2  Tema : Berbagi Peminjaman Buku
http://fajarb.hostingmerahputih.id

Juara 3  Tema : eLogistik
http://kardus.hostingmerahputih.id

Harapan 1  Tema : Destinasi Wisata
http://snorkels.hostingmerahputih.id

Harapan 2 Tema : Platform Sharing Pelajaran Sekolah
http://www.itcomunity.hostingmerahputih.id

Harapan 3 Tema : UMKM Biji Kopi Sulawesi Selatan
http://qahwah.hostingmerahputih.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya