Tak Hanya Bangun Desa, Kodim Kendal Juga Pasang Wifi

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kendal
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA.co.id – Kodim 0715 yang terletak di Kendal akan bekerja keras selama sebulan untuk membangun desa Jungsemi, Kangkung. Selain membangun desa, mereka juga menyiapkan koneksi internet nirkabel alias wifi.

Rekomendasi Internet Murah Saat Liburan ke Luar Negeri

Hal ini merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Tujuannya sebagai pengabdian TNI ke masyarakat untuk membantu infrastruktur jalan, memberikan wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan-penyuluhan dan bahaya laten komunis.

"Kami juga bekerjasama dengan Telkom untuk pemasangan wifi di kodim kendal guna memudahkan prajurit untuk akses teknologi informasi dan juga untuk masyarakat," ujar Dandim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono, dalam keterangannya, Sabtu, 2 Oktober 2017.

Akses WiFi Kamu Bisa Dicuri, Ini Tanda-tandanya

Dikatakannya, Kodim 0715 akan melakukan pengerasan jalan sepanjang 1550 meter di Desa Jungsemi, I Kecamatan Kangkung. Pelaksanaan TMMD diprioritaskan membangun sejumlah infrastruktur seperti jalan beton sepanjang 1.550 meter x 3 meter.

"Selain itu, kami juga membuat pos kamling, bedah rumah, pembuatan gorong-gorong, dan jamban di desa Jungsemi. Kami terjunkan ratusan personil dan dibantu masyarakat juga, jika dalam satu bulan belum selesai maka akan personil akan lembur malam hari," katanya.

Dunia Tanpa Wi-Fi, Bagaimana Jadinya?

Selain pembangunan, juga akan diadakan penyuluhan ke warga mulai penyuluhan kesehatan, kesadaran berbangsa dan bernegara, tentang narkoba, juga wawasan kebangsaan.

Camat Kangkung Sugeng berharap hal ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Jungsemi. Pengecoran jalan tersebut semoga bisa mendongkrak jumlah pengunjung pantai Jungsemi sehingga ke depan bis jadi destinasi wisata," harapnya.

Kegiatan pelaksanaan TMMD ini sendiri memakan dana Rp1, 3 miliar. Sumber biaya yang digunakan dari APBD tingkat 1 sebesar Rp160.000.000, APBD tingkat 2 sebesar Rp1.115.000.000,- dan Swasembada masyarakat Rp40.000.000.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya