Asteroid TC4 'Sapa' Bumi 12 Oktober Nanti

Ilustrasi asteroid sedang menuju ke Bumi
  • digitaltrends.com

VIVA.co.id – Sebuah batu luar angkasa yang diberi nama 2012 TC4 akan melintasi bumi pada 12 Oktober 2017 nanti. Ukurannya sedikit kecil ketimbang meteor yang menghantam Chelyabinsk Rusia pada 2013 lalu.

Bumi Punya Tameng Langit

Asteroid itu diperkirakan akan berada sekitar 50.180 kilometer dari permukaan bumi. Lintasannya akan berada di tepat di atas laut Pasifik Selatan. Demikian dilansir dari Sky and Telescope, Selasa, 10 Oktober 2017.

Kecepatan asteroid berukuran sebesar rumah itu mencapai 7,6 kilometer per detik. Diameternya sekitar 13 meter, atau tak lebih besar ketimbang meteor Chelyabinsk yang berdiameter 20 meter.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Asteroid ini ternyata memiliki sejarah yang unik. TC4 ditemukan oleh teleskop PanSTARRS 1 di Maui pada 2012. Kala itu, TC4 ditemukan sembilan hari sebelum melintasi bumi pada 12 Oktober 2012. Jaraknya dari bumi saat itu adalah 94.800 kilometer atau dua kali ketimbang perkiraan jarak tahun ini.

Nah, setelah lima tahun, asteroid itu akan kembali menyapa bumi. Posisi ini sekitar delapan kali lebih jauh dibanding jarak bumi ke bulan. Posisinya memang cukup dekat namun tak akan ada ancaman menakutkan dari asteroid itu terhadap bumi.

Meninggal Dunia dengan Cara yang Tak Biasa

ESA percaya jika objek TC4 tidak akan membahayakan bumi. Namun jika ada objek lain sebesar TC4 masuk ke atmosfir maka efek yang dihasilkan akan sama seperti fenomena yang terjadi di Chelyabinsk, Rusia.

Pada 2013, sebuah meteorid berukuran 20 meter menghantam atmosfir dan jatuh ke Chelyabinsk. Energi kinetik pun meledak, menghancurkan 5.000 gedung dan melukai 1.200 orang.

Astronot.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

570 astonot dari 41 negara sudah mencicipi luar angkasa sejak misi penjelajahan antariksa pertama kali diluncurkan. 11 orang di antaranya astronot Muslim.

18 Maret 2024