J&T Express Ambisi Ekspansi Hingga Asia Tenggara

Konferensi pers J&T Express di Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty

VIVA – Pertumbuhan industri perdagangan online atau e-commerce di Indonesia semakin meningkat. Seiring dengan semakin tumbuhnya industri e-commerce di tanah air, kehadiran perusahaan jasa pengiriman barang yang kompeten semakin dibutuhkan. 

Resmi Beroperasi, Dua Pusat Logistik Harapan Baru Ekonomi Nasional

Chief Executive Officer J&T Express, Robin Lo, menuturkan, perusahaannya hadir untuk memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia dengan menawarkan sejumlah keunggulan, salah satunya yaitu pengiriman barang yang kilat dengan real time tracking, VIP Platform, waybill SMS, dan aplikasi mobile

"Kita sediakan apa yang dibutuhkan pebisnis, yaitu pelayanan bagus dan bisnis mereka bisa lebih berkembang. Dengan adanya J&T Express, mereka enggak khawatir lagi paket mereka sampai ke pelanggan dengan terlambat atau hilang, karena ini bisa mempengaruhi bisnis mereka," kata Robin dalam sesi konferensi pers pengenalan slogan baru J&T Express di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin 23 Oktober 2017.

Mengungkap Peluang Supply Chain Financing untuk Industri Logistik RI

Robin mengatakan, perusahaannya memang menitikberatkan pada industri e-commerce di Indonesia, sebab perkembangan e-commerce di Indonesia sangat cepat. Menurut Bank Indonesia, pada 2018 ada sekitar 24,7 juta orang yang berbelanja daring dengan nilai transaksi e-commerce diprediksi mencapai Rp144 triliun dan kenaikan barangnya sampai 10 kali lipat.

Oleh sebab itu, meski baru berdiri dua tahun di Indonesia, J&T Express berencana mengekspansi bisnisnya ke luar Indonesia. Sedangkan wilayah cakupannya, kata Robin, mencapai se-Asia Tenggara. Robin mengatakan perluasan ini akan mulai dilaksanakan tahun mendatang, negara pertama yang dituju adalah Malaysia dan Vietnam. 

Uji Operasi, Tol Cibitung-Cimanggis Bakal Lancarkan Arus Logistik

"Sejak didirikan pada 25 Agustus 2015, kita sudah cover seluruh kota dan kecamatan di Indonesia. Kita cover melalui tim kita sendiri, bukan kerja sama dengan pihak ketiga. Kita berencana tahun depan akan ekspansi ke Asia Tenggara. J&T ini adalah perusahaan Indonesia dan kita mau membawa nama Indonesia di seluruh Asia Tenggara," papar Robin.

Dalam dua tahun terakhir sejak didirikan, J&T Express telah menjalin kerja sama dengan sebagian besar platform e-commerce di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Hingga saat ini, J&T Express telah memiliki 2.000 drop points dan hampir 2.000 collection points, serta layanan yang menghubungkan 17.508 pulau di Indonesia.

Ilustrasi logistik.

Cara Perusahaan Logistik Maksimalkan Kinclongnya Transaksi E-Commerce

Transaksi e-Commerce makin kinclong selama pandemi COVID-19. Hal itu pun berdampak pada seluruh industri penunjangnnya, termasuk logistik.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2022