Wujud Sikat Gigi Anti Jatuh Buatan Siswa SD di Jakarta

Sikat gigi anti jatuh ciptaan siswa SD Swasta Narada Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Dua siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar Swasta Narada Jakarta Barat membuat inovasi sederhana tapi sangat bermanfaat. Prajna Wijaya dan Evan Varellino membuat sikat gigi 'anti jatuh'. 

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Bentuk sikat gigi ciptaan kedua siswa SD itu bukan tidak akan terjatuh ke lantai, melainkan sikat gigi yang dirancang agar pasta gigi tidak jatuh ketika akan digunakan. 

Sikat gigi dirancang dengan bentuk sedemikian rupa, sehingga pasta gigi langsung keluar dari pangkal bulu sikat gigi.  

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Prajna menjelaskan, inovasi sikat gigi ‘anti jatuh’ ini mereka buat setelah berkunjung ke sebuah panti jompo di wilayah Jakarta. Ketika itu, dia bersama Evan melihat para lansia merasa kesusahan menaruh pasta ke sikat gigi. Hal ini pun kita kadang mengalami pasta gigi yang terjatuh tanpa sengaja. Beberapa orang terkadang merasa hal ini membuat kesal pemakainya. 

"Sikat gigi ini bisa digunakan untuk manula dan anak kecil, jadi tidak perlu khawatir. Pasta gigi tidak akan terjatuh," ujar Prajna kepada VIVA.co.id ketika ditemui di Indonesia Science Expo 2017, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2017.

Sikat Gigi dan Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Begini Hukumnya

Sikat gigi anti jatuh ciptaan siswa SD Swasta Narada Jakarta Barat

Prajna menjelaskan, purwarupa sikat gigi buatan mereka hanya menggunakan alat yang sederhana. Mereka memotong dan menyisakan tangkai sikat gigi sekitar 5-10 sentimeter. Lalu, tangkai yang masih tersisa dibor pada bagian tengahnya, sampai menembus bulu sikat. 

Pada bulu sikat terdapat celah-celah. Kemudian Prajna dan Evan menggunakan alat suntik yang sebelumnya sudah dimasukkan pasta gigi. 

Suntik itu disambungkan pada sikat gigi yang sudah dibor. Ketika akan menggunakannya, tinggal dorong suntikan dan odol akan keluar melalui celah sikat. 

"Sudah deh, tinggal disikatkan ke gigi, " kata Prajna. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya