Penyebab Registrasi Ulang Kartu Prabayar Sering Gagal

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkap penyebab kegagalan registrasi ulang kartu prabayar yang dilakukan sejumlah pelanggan. Masyarakat yang saat ini belum melakukan registrasi, pun diharapkan tidak khawatir. 

Pakistan Matikan Seluruh Jaringan Telepon Seluler di Negaranya Pas Pemilu, Ini Alasannya

Menteri Kominfo Rudiantara mengungkapkan, gagalnya registrasi ulang kartu prabayar dalam beberapa minggu terakhir disebabkan oleh sistem yang belum sempurna. Terlebih, total pelanggan yang tercatat sebagai pengguna aktif mencapai 300 juta pelanggan.

“Kita berhadapan dengan 300 juta orang. Ini luar biasa sekali. Gagal biasa. Karenanya, kami berikan waktu sampai 28 Februari 2018,” kata Rudiantara, di Jakarta, Minggu 5 November 2017.

Studi: Ponsel Tidak Meningkatkan RisikoTumor Otak

Selain masalah sistem, kegagalan registrasi juga disebabkan atas kesalahan penggguna dalam memasukkan nomor induk penduduk dan nomor kartu keluarga. Masyarakat pun diminta untuk lebih cermat lagi, saat melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

“Nomor KK dan NIK itu masing-masing ada 16 digit. Kadang-kadang ada yang keseleo. Jadi harus dibaca dengan baik,” katanya.

Tiga Kecamatan di Aceh Barat Belum Terjangkau Sinyal Ponsel

Sampai dengan saat ini, jumlah pelanggan yang sudah melakukan registrasi ulang kartu prabayar mencapai 40 juta. Dengan akselerasi yang begitu cepat, Kominfo pun optimistis seluruh pelanggan bisa melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

“Sekarang sudah cukup bagus. Kami yakin ini akan bertambah baik,” kata Rudiantara. (one)

Pengacara Jubir TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Todung Mulya Lubis (tengah) usai menghadiri sidang gugatan praperadilan terkait penyitaan ponsel di PN Jakarta Selatan, Selasa, 27 Februari 2024

Praperadilan Ditolak, Pengacara Aiman Witjaksono: Kami Semua Kecewa

Pengacara tak melihat adanya alasan hukum yang shahih bagi penyidik untuk melakukan penyitaan ponsel genggam Aiman Witjaksono.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024