Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Sabtu, 13 Januari 2018 | 06:30 WIB
  • Temuan Langka, Dinosaurus Seukuran Ayam Kalkun

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Novina Putri Bestari
Ilustrasi dinosaurus seukuran ayam kalkun, Diluvicursor pickeringi
Photo :
  • Peter Trusler/Handout via Reuters
Ilustrasi dinosaurus seukuran ayam kalkun, Diluvicursor pickeringi

VIVA – Beberapa fosil dinosaurus berhasil ditemukan di Selat Bass Australia sebelah tenggara, tepatnya di laut selatan negara bagian Victoria, sekitar 170 kilometer dari Melbourne. Setelah diteliti fosil itu merupakan dinosaurus yang dinamai Diluvicursor pickeringi.

Peneliti menemukan fosil dinosaurus tersebut memiliki dua kaki, berukuran seperti ayam kalkun. Dinosaurus tersebut diduga merupakan pemakan tumbuhan dan dulunya terbawa arus sungai yang sangat besar. 

Dikutip situs Reuters, Jumat 12 Januari 2018, fosil dinosaurus tersebut ditemukan di antara fosil batang-batang pohon. Diluvicursor pickeringi yang ditemukan adalah hampir seluruh bagian buntut dan seluruh bagian kaki kanan belakang. Tinggi Diluvicursor pickeringi mencapai 2,3 meter. 

Paleontologi dari Universitas Queensland Australia, Matthew Herne mengatakan, dinosaurus ini merupakan bagian dari anggota Ornithopoda, kelompok dinosaurus yang ukurannya kecil. Salah satu dinosaurus lain dalam kelompok ini yakni Leaellynasaura, yang hidup di waktu yang sama dengan Diluvicursor. 

Lihat juga

Ahli paleontologi mengatakan, Diluvircursor pickeringi ini diperkirakan hidup 113 juta tahun lalu. Penemuan ini juga menambah catatan habitat dinosaurus di Australia sejak zaman Cretaceous, masa saat dataran masih terhubung dengan Antartika sampai 45 juta tahun lalu. 

"Penemuan tulang belulang dinosaurus di Australia ini tergolong sangat jarang," kata Herne. (ase)

Terpopuler