Temuan Langka, Dinosaurus Seukuran Ayam Kalkun

Ilustrasi dinosaurus seukuran ayam kalkun, Diluvicursor pickeringi
  • Peter Trusler/Handout via Reuters

VIVA – Beberapa fosil dinosaurus berhasil ditemukan di Selat Bass Australia sebelah tenggara, tepatnya di laut selatan negara bagian Victoria, sekitar 170 kilometer dari Melbourne. Setelah diteliti fosil itu merupakan dinosaurus yang dinamai Diluvicursor pickeringi.

7 Fakta Menarik Kecoa, Hewan Imut yang Bisa Sebabkan Asma

Peneliti menemukan fosil dinosaurus tersebut memiliki dua kaki, berukuran seperti ayam kalkun. Dinosaurus tersebut diduga merupakan pemakan tumbuhan dan dulunya terbawa arus sungai yang sangat besar.

Dikutip situs Reuters, Jumat 12 Januari 2018, fosil dinosaurus tersebut ditemukan di antara fosil batang-batang pohon. Diluvicursor pickeringi yang ditemukan adalah hampir seluruh bagian buntut dan seluruh bagian kaki kanan belakang. Tinggi Diluvicursor pickeringi mencapai 2,3 meter.

5 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup hingga Sekarang

Paleontologi dari Universitas Queensland Australia, Matthew Herne mengatakan, dinosaurus ini merupakan bagian dari anggota Ornithopoda, kelompok dinosaurus yang ukurannya kecil. Salah satu dinosaurus lain dalam kelompok ini yakni Leaellynasaura, yang hidup di waktu yang sama dengan Diluvicursor.

Ahli paleontologi mengatakan, Diluvircursor pickeringi ini diperkirakan hidup 113 juta tahun lalu. Penemuan ini juga menambah catatan habitat dinosaurus di Australia sejak zaman Cretaceous, masa saat dataran masih terhubung dengan Antartika sampai 45 juta tahun lalu.

Megalodon Bertemu Mosasaurus, Siapa yang Menang?

"Penemuan tulang belulang dinosaurus di Australia ini tergolong sangat jarang," kata Herne. (ase)

Crassigyrinus scoticus hidup 330 juta tahun yang lalu.

Begini Wajah Kecebong Pembunuh yang Pernah Teror Bumi