Silat Indonesia Dimainkan di Film Black Panther

Black Panther.
Sumber :
  • Marvel

VIVA – Film Black Panther menuai kesuksesan besar di Amerika Serikat karena sudah mengantongi keuntungan sebesar US$192 juta (Rp2,58 triliun) hanya dalam tiga hari.

Chadwick Boseman Akan Tetap Tampil di Black Panther 2

Salah satu film box office yang dibintangi Chadwick Boseman dan Michael Bakari Jordan ini tidak hanya dipuji sebagai blockbuster superhero pertama yang menampilkan pemeran yang hampir semuanya berkulit hitam.

Namun juga dipuji karena menonjolkan kebudayaan Afrika yang kaya dengan kebudayaan Asia. Mengutip situs Business Insider, Minggu, 25 Februari 2018, salah satu ilmu beladiri asal Sumatera Barat, Indonesia, silat harimau, diperagakan dalam adegan pertarungan Black Panther.

Marvel Tidak akan Ganti Chadwick Boseman di Black Panther 2

Selain silat harimau, koreografer film juga memilih beladiri asal Thailand, Muaythai, untuk diadu dengan beladiri Capoeira - seni bela diri Brasil yang terhubung dengan bentuk seni Afrika yang disebut Angola - serta tinju Dambe asal Afrika Barat.

Tak hanya itu, gulat Senegal dan pertempuran tongkat Zulu, berperan dalam menciptakan pertarungan sengit di sebuah negara terisolasi yang memiliki teknologi tinggi di Afrika, Wakanda.

Bintang Narcos Dibidik Marvel Jadi Antagonis di Black Panther 2

Aktor Chadwick Boseman mengaku, koreografi yang profesional berhasil menyuguhkan pertarungan brilian, sehingga penonton menikmati tontonan Black Panther hingga film berakhir.

Ia menyebut tuntutan fisik menjadi Black Panther merupakan sesuatu hal yang mengasyikkan. "Menguji ketahanan fisik yang membuatku bersemangat. Karena membantu saya menjadi berkarakter," ungkap aktor berusia 40 tahun tersebut.

Sementara itu, aktor Inggris Andy Serkis, yang berperan sebagai seorang penyelundup bernama Ulysses Klaue, mengatakan kalau bertarung dengan Boseman "sangatlah menyakitkan". "Seru, tapi menyakitkanku," kata Serkis, seraya bergurau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya