Perkenalkan Sabrina dan Shalma, Asisten Virtual Baru

Ilustrasi chatbot.
Sumber :
  • www.techcrunch.com

VIVA – Asisten virtual tak harus berbentuk fisik, chatbot pun bisa dikategorikan sebagai asisten virtual. Yang terbaru, Alfamart dan BRI pun mengadopsi asisten virtual berbentuk chatbot.

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Kata.ai, salah satu pelopor dalam bidang conversational AI atau kecerdasan buatan untuk percakapan di Indonesia, Sabrina dan Shalma adalah dua chatbot baru yang akan menjangkau ratusan juta masyarakat, konsumen perbankan dan industri ritel di seluruh Indonesia.

Sabrina merupakan chatbot untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI), dengan jaringan kantor cabang mencapai 10.646 unit dan nasabah sebanyak lebih dari 102 juta orang. 

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Sementara Shalma adalah chatbot untuk Alfamart, perusahaan jaringan ritel dengan lebih dari 14.000 toko di Asia Tenggara yang melayani lebih dari 4 Juta pelanggan setiap harinya.

"Chatbot memungkinkan BRI dan Alfamart untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik dalam berinteraksi dan meningkatkan kepuasan konsumen," ujar Co-Founder dan Chief Executive Officer Kata.ai, Irzan Raditya dalam keterangannya, Jumat 9 Maret 2018.

Serba-serbi iPhone 16 yang Bikin Penasaran

Chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk menjalankan suatu fungsi melalui percakapan alamiah, yang memungkinkan pengguna berbicara dengan program ini, seolah berbicara dengan manusia. 

Chatbot Sabrina (Smart BRI New Assistant) akan menjadi sebuah asisten virtual yang dapat membantu konsumen BRI mengakses informasi mengenai layanan perbankan dan finansial. Sabrina dapat membantu konsumen menemukan lokasi BRI terdekat, dan menangani keluhan pelanggan. Semua layanan ini dapat diakses melalui percakapan dengan Sabrina dalam Bahasa Indonesia. 

Hingga Februari 2018, konsumen BRI dapat berinteraksi dengan Sabrina melalui Facebook Messenger dan Telegram. Ke depannya, Sabrina akan dapat diakses melalui aplikasi perpesanan lainnya.

Sementara itu, Shalma (Sahabat Alfamart) adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Alfamart untuk memenangkan hati konsumen, yaitu dengan cara memberikan pengalaman interaksi yang lebih baik lagi dengan setiap konsumen. Model komunikasi yang dilakukan Alfamart saat ini diharapkan bukan lagi one for all melainkan sudah one on one, ke masing-masing konsumen. 

Shalma dapat diakses di akun Line Alfamart yang sudah memiliki lebih dari 16 Juta follower dan merupakan salah satu chatbot yang berpotensi memiliki pengguna terbesar di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya