Ini Skimmer, Perangkat Penyedot Uang di Mulut ATM

Ilustrasi transaksi di ATM
Sumber :
  • www.pixabay.com/jarmoluk

VIVA – Aksi skimming, yang dilakukan para penipu ulung untuk menyedot uang nasabah dengan cara memodifikasi ATM, ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Di negara Vienna (Wina) Austria.

Polisi Tangkap Pria Paruh Baya Usai Bobol ATM di Rest Area Tol Jakarta-Merak

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, ternyata cukup mudah untuk mendeteksi ATM yang telah dimodifikasi penipu. Kuncinya hanyalah dengan mengecek mulut ATM, perangkat berwarna hijau dengan lampu kerlap-kerlip, tempat memasukkan.

Replika mulut ATM itulah yang disebut Tedesco sebagai skimmer. Di dalamnya terdapat alat pemindai kartu, yang bisa membuat data-data dalam kartu diketahui sehingga penipu bisa membuat kartu baru yang hampir sama tapi palsu.

Cegah Terjadi Skimming, Personel Polresta Sleman Lakukan Patroli di Gerai-gerai ATM

Video yang diunggah oleh Youtuber bernama Ben Tedesco itu menguak adanya aksi penyadapan kartu melalui ATM yang ada di Wina. Tedesco memperlihatkan adanya perangkat di mulut ATM yang dobel.

"Kita bisa mengecek perangkat replika di mulut ATM. Berbeda dengan ATM yang di sebelahnya, mulut ATM tidak bisa dicopot, dan itu aman," ujarnya dalam video tersebut.

Tampang WN Estonia Pelaku Skimming Bank BUMN yang Diciduk Polisi

Di akun Youtube tersebut, Tedesco juga menjelaskan jika penemuan adanya ATM Skimmer itu terjadi saat dia sedang berwisata ke Wina. ATM yang telah dimodifikasi itu berada di Samsung Cash Machine, di luar katedral St. Steven.

Ikuti cara Tedesco jika memang kamu ingin terbebas dari aksi skimming. Cek videonya di sini.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya