Apple Bajak 'Otak' Kecerdasan Buatan Milik Google

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith

VIVA – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple, resmi merekut Kepala Riset dan Kecerdasan Buatan (head of search and artificial intelligence) Google, John Giannandrea.

Berharap Implementasi AI Bisa Lebih Luas

CEO Apple Tim Cook mengatakan kalau perusahaannya membutuhkan sosok yang tepat untuk memimpin divisi strategi mesin pembelajaran dan kecerdasan buatan (machine learning and artificial intelligence).

"John akan berbagi komitmen ke kita terhadap privasi dan pendekatan kebijaksanaan perusahaan. Kita membuat komputer menjadi lebih pintar dan lebih personal," kata Cook, seperti dikutip Arstechnica, Rabu, 4 April 2018.

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Giannandrea bergabung dengan Google sejak 2010, ketika Google mengakuisisi perusahaan Metaweb, perusahaan di balik Freebase, basis data data dan informasi berbasis komunitas yang akhirnya dimanfaatkan untuk menambah hasil pencarian Google.

Ilustrasi Google.

Ex President Barack Obama Makes Surprise Visits to PM Rishi Sunak

Cook mengaku jika Apple membutuhkan keahlian Giannandrea untuk meningkatkan kemampuan mesin pembelajaran dan kecerdasan buatan, yang dinilainya, sudah tertinggal dari kompetitor, yakni Amazon dan Google.

Sebelum bergabung dengan Google, Giannandrea bekerja sebagai Chief Technologist Netscape dan menjabat sebagai Dewan Pengawas SETI.

Tahun lalu, Apple menambahkan chip AI khusus yang disebut Neural Engine ke A11 Bionic untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X untuk bekerja dengan Image Signal Processor (ISP). Selanjutnya, Apple telah berinvestasi di Siri dan HomeKit untuk bersaing dengan Google Home dan Alexa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya