Emoji Bisa Selamatkan Diri dari Gempa Bumi?

Ilustrasi emoji.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Para peneliti mengungkapkan emoji bisa saja menjadi standar komunikasi saat keadaan darurat. Seperti untuk mengabarkan kejadian gempa bumi, yang mana setiap detik dari keadaan tersebut sangat penting. Peneliti berpandangan emoji setidaknya bisa mendukung upaya evakuasi dan penyelamatan diri saat gempa bumi terjadi.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Sejumlah peneliti internasional sedang melobi Unicode Consortium, pengelola dan pengatur standar resmi emoji untuk perangkat digital di seluruh dunia, untuk memasukkan emoji gempa bumi. Peneliti internasional juga membuat kampanye Emoji-quake agar ide ini menjadi nyata dan mendesain emoji yang pas untuk gempa bumi.

"Sepertiga populasi dunia mungkin terkena beberapa dampak bahaya (seismologi). Jadi kami ingin bisa berkomunikasi dengan semua wilayah itu, semua bahasa yang berbeda dan emoji adalah cara yang luar untuk hal tersebut," ujar Seismolog Universitas Southampton Inggris dan pendiri kampanye Emoji-quake, Stephen Hicks, dilansir dari laman BBC, Selasa 12 Juni 2018. 

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Hicks melanjutkan, gempa bumi tidak sama seperti gunung berapi atau tornado yang kejadiannya bisa terlihat nyata. Gempa bumi tidak bisa dihitung kapan kejadiannya. 

Dengan menggunakan emoji, Hicks menyatakan, merupakan bagian dari peringatan adanya terjadinya gempa bumi dengan komunikasi visual yang bisa dipahami semua orang. Emoji gempa bumi, menurutnya, sama seperti melindungi diri di bawah meja. 

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Peneliti sosial dengan survei geologi Amerika Serikat, Sara McBride menyatakan, emoji juga melewati batas-batas yang ada pada bahasa tulisan dan juga membantu komunikasi bagi orang yang kesulitan membaca bahasa tertentu. 

"Beberapa penelitian menyatakan bahwa menggunakan emoji mengurangi waktu yang diperlukan untuk menelaah informasi secara mental," jelas McBride. 

Emoji gempa bumi ini bukan hanya bertugas sebagai peringatan, namun lebih dari itu untuk membantu kerja para seismolog mengetahui di mana dan kapan bencana tersebut terjadi. 

Kabar yang beredar, Unicode Consortium saat ini mempertimbangkan untuk desain emoji gempa bumi dan juga banjir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya