Ternyata, Aplikasi Mobile Diam-diam Sadap Layar Smartphone

Ilustrasi penggunaan smartphone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Skitterphoto

VIVA – Peneliti ilmu komputer Universitas Northeastern Amerika Serikat mengungkapkan temuan mereka apakah smartphone diam-diam menyadap percakapan dan aktivitas pengguna atau tidak. 

Kolaborasi Menciptakan Inovasi Menyesuaikan UU Perlindungan Data Pribadi

Studi sepanjang tahun lalu yang dilakukan tim peneliti tersebut, berupaya membuktikan keyakinan sebagian orang bahwa smartphone diam-diam merekam percakapan pengguna. 

Dalam studinya, peneliti memantau 17.260  aplikasi mobile Android untuk melihat apakah aplikasi benar memakai mikrofon ponsel untuk merekam percakapan pengguna. Dari puluhan ribu aplikasi itu, salah satunya adalah peneliti memantau Facebook dan lebih dari 8 ribu aplikasi yang mengirimkan informasi ke Facebook. 

AI Bisa Lindungi Data dari Hacker

Puluhan ribu aplikasi tersebut dipantau menggunakan 10 perangkat Android yang telah ditanam program otomatis. 

Hasil pemantauan sebagaimana dilaporkan laman Gizmodo, Rabu 4 Juli 2018, menunjukkan tak ada bukti aplikasi mobile diam-diam mengaktifkan mikrofon dan menyadap percakapan pengguna. 

Pemerintah Diminta untuk Transparan

Namun, peneliti menemukan ada hal yang mengkhawatirkan. Ternyata aplikasi mobile menyadap layar perangkat dan mengirim informasi ke pihak ketiga. 

Peneliti mencontohkan, salah satu penyadapan layar ponsel dilakukan oleh aplikasi pengiriman makanan cepat saji, GoPuff. Aplikasi ini terpantau merekam interaksi pengguna dengan aplikasi tersebut dan kemudian mengirimkan informasi ke perusahaan analitik mobile, Appsee. 

Saat peneliti mengonfirmasi ke GoPuff, aplikasi itu mengaku telah memperbaharui kebijakan penggunaan aplikasi. 

Peneliti mengakui studi mereka memang punya keterbatasan dan mengakui sistem otomatis tak bisa meniru interaksi manusia, apalagi menyaru sebagai seseorang dengan sangat mirip. 

Mereka mengatakan, tak seperti manusia, program yang merekam interaksi pengguna tidak akan bisa masuk ke dalam aplikasi dan mengirimkan file audio pada perangkat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya