VIDEO: Misteri Kilatan Cahaya di Permukaan Bulan

Ilustrasi Bulan.
Sumber :
  • Twitter/@ikhsan_jayaa

VIVA – Fenomena aneh tertangkap oleh Observatorium Moon Impacts Detection and Analysis System (MIDAS) di Sevilla, Spanyol, pada 17 dan 18 Juli lalu, lantaran ditemukan beberapa cahaya saling berkejaran selama kurun waktu 24 jam.

Ramadhan: Bulan Penuh Berkah, Saatnya Mengasah Akhlak dan Kepedulian!

"Tanggal 17 Juli 2018, gumpalan kuno dari luar angkasa membentur Bulan dengan energi yang cukup untuk memproduksi kilatan cahaya," kata Ilmuwan MIDAS, Jose Maria Madiedo, dilansir laman Express, Rabu, 1 Agustus 2018.

Meski begitu, ukuran cahaya tersebut diklaim Madiedo hanya sebesar biji kenari dan merupakan Meteroit yang berada pada hujan meteor Alpha Capricornids yang tertinggal di Bulan.

Geger Temuan Harta Karun yang Terbuat dari Meteor, Begini Penampakannya

Fenomena ini terjadi sejak 15 Juli hingga pertengahan Agustus 2018. Karena itu, tiga observatorium di Spanyol dikerahkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang cahaya tersebut.

Mereka menggunakan teleskop dan kamera CCD untuk mendeteksi dan mengidentifikasinya. "Cahaya berkedip sulit untuk dipelajari. Untuk menentukan apa penyebabnya itulah menjadi tantangan kami," tuturnya.

Hidup Astronot Terancam

Madiedo justru menyebut akan lebih baik apabila mengerti efek yang terjadi pada Bulan. Karena itu bisa membantu jika kejadian yang sama melanda Bumi.

Menteri Warisan Israel, Amichai Eliyahu

Parah! Menteri Israel Serukan Bulan Suci Ramadhan Dihapus dari Kalender

Baru-baru ini Menteri Warisan Israel Amichai Eliyahu menyerukan supaya menghapus bulan suci Ramadhan dan mengabaikan ketegangan di Tepi Barat serta Yerusalem Timur.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024