Content Creator Ini Ogah Ambil Pusing dengan Algoritma Instagram

Content Creator Yoga Arizona (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Yoga Arizona, salah satu Content Creator di Instagram dan YouTube, mengaku tidak memusingkan algoritma yang berlaku di Instagram. Menurutnya kepuasan diri sendiri menjadi lebih penting daripada harus mengikuti algoritma di platform milik Facebook itu.

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

"Aku yang penting puas dengan diri sendiri. Kalau hasil edit yang aku liat ngebosenin, tidak sesuai ekspektasi, enggak bakal aku posting. Kalau masalah algoritma, aku enggak ambil pusing," kata dia kepada VIVA dalam acara On Off Festival di Jakarta, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Ia mengatakan kalau Instagram memanfaatkan algoritmanya untuk menyusun posting di Feed. Mereka menggunakan machine learning atau mesin pembelajaran untuk mempelajari aktivitas pengguna selama menggunakan platform tersebut.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Meskipun tidak memusingkan algoritma, Yoga mengakui jika algoritma merupakan hal yang penting. Namun, ia lebih mengutamakan story telling, di mana Yoga berharap jika pesannya tersebut dapat sampai kepada penonton dan bukan sekadar hiburan.

Yoga memulai karirnya di media sosial melalui kreasinya di platform Dubsmash. Ia juga mulai berkarir di YouTube tahun 2016.

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk saat ini dirinya hanya memfokuskan diri di Instagram. Menurutnya proses editing di platform tersebut jauh lebih mudah dan cepat. Selain itu penyampaian pesan dirasa lebih gampang jika menggunakan Instagram.

"Kalau buat konten di YouTube aku hanya bisa ngehasilin satu, sedangkan Instagram bisa sampai lima atau enam video. Aku harus bantuin bokap ngajar akting, makanya masih harus bagi waktu," jelas Yoga.

VIVA Militer: Satgas Yonif 623/BWU gandeng Chef Bobon gelar Masak Besar di Papua

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Youtuber Bobon Santoso ingin menjual Toyota Alphard miliknya, sebagai modal masak dalam jumlah besar seperti yang biasa dilakukan. Bedanya kali ini untuk masyarakat Papua

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024