Domain Prabowo-Sandi Ini 'Dijual', Maharnya Minta Foto dengan Prabowo

Pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Domain pasangan capres cawapres belakangan ini menjadi incaran bisnis. Beberapa pemilik domain capres cawapres menawarkan situs itu dengan harga yang fantastis, Rp1-2 miliar. Pekan lalu muncul domain prabowosandi.id dan prabowosandi.com yang dijual dengan harga masing-masing Rp1 miliar. 

Kemenag Tagetkan 5 Ribu Pesantren Terima Inkubasi Bisnis hingga 2024, Saat Ini Baru 2.600

Sedangkan penghujung akhir pekan kemarin, muncul pemilik domain Jokowimaruf.id dan Jokowimaruf.com yang menawarkan situs tersebut masing-masing dengan harga Rp2 miliar.

Berbeda dengan tawaran yang fantastis, belakangan muncul domain prabowosandi.org yang maharnya tidak sefantastis pemilik domain sebelumnya. Pemilik domain prabowosandi.org tak meminta mahar uang untuk mendapatkan alamat domain tersebut. 

Perempuan Muda Nahdliyin Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran, Titip 9 Pesan

Kepada yang ingin membeli domain prabowosandi.org, sang pemilik cuma meminta maharnya yakni bisa foto bareng bersama dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Dari data Who.is, domain ini dimiliki oleh registran dengan nama Infotech Solusindo Persada. 

Jadi Cawapres Prabowo, Ini 7 Pencapaian Gibran Rakabuming di Kota Solo

Dalam halaman domain tersebut, pemilik menegaskan domain tersebut tidak ingin dikomesialisasikan dan hanya diperuntukkan sebagai perjuangan untuk pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Pemilik konten mengaku memang mengharapkan Prabowo dan Sandi memenangi Pilpres 2019. 

"Maharnya cuma minta foto dengan Prabowo dan Sandi. Saya kasih gratis, karena ini perjuangan," ujar pemilik domain tersebut kepada VIVA, Minggu malam, 12 Agustus 2018. 

Sejak membuat domain itu, pemilik mengaku sudah ada pengusaha yang tertarik dengan domain tersebut. Pengusaha itu mengontaknya melalui WhatsApp. 

"Ada pengusaha dari Yogyakarta yang kontak saya. Saya lihat profilnya, dia sepertinya pengusaha percetakan dan banner serta spanduk. Dia tanya soal permintaan saya, maksudnya apa?" ungkap pemilik domain itu. 

Pemilik domain prabowosandi.org menegaskan, dia memang berbeda dengan pemilik domain pasangan capres cawapres itu lainnya, yang mematok harga miliaran. Dia mengatakan, niatnya membuat domain ini untuk memuluskan langkah Prabowo dan Sandi, bukan untuk aji mumpung bisnis. 

"Itu niatnya masing-masing. Kalau sebelumnya itu memang niatnya untuk dapatkan itu (jualan). Kalau saya niatnya perjuangan untuk Prabowo Sandi. Rp2 miliar itu tak sebanding dengan perjuangan," jelasnya. 

Pemilik domain prabowosandi.org menuturkan, karena tergerak dengan dasar perjuangan, maka dia tak pusing jika nanti domain tersebut tak laku alias tak ada yang tertarik membelinya. 

Pemilik tetap akan mengelola domain tersebut untuk mengajak ke masyarakat memilih Prabowo sebagai presiden periode 2019-2024. 

"Situs kan ada domain, ada konten. Kalau nanti enggak ada (yang tertarik beli) ya saya dedikasikan untuk perjuangan. Misalkan ada tim Prabowo yang punya konten, ya tinggal kasih domainnya," ujarnya. 

Namun dalam keadaan tidak ada tim Prabowo yang tertarik dengan domain tersebut, sang pemilik tersebut tetap akan mengelola domian yang ia hadirkan tersebut.

"Kalau enggak ada juga ya, tim saya yang akan ngasih konten (pada domain) tersebut," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya