Keunggulan Solusi Manajemen Database PostgreSQL 11 untuk Korporasi

Ilustrasi teknologi digital.
Sumber :
  • www.pixabay.com/fancycrave1

VIVA – Perusahaan penyedia software open source, PT Equnix Business Solutions, resmi meluncurkan PostgreSQL 11. Ini merupakan versi terbaru dari software database open source yang diklaim tercanggih di dunia.

Indonesia Jangan jadi Pelanduk yang Mati di Tengah Persaingan 2 Gajah

Kepala Eksekutif PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, mengklaim PostgreSQL 11 sebagai peluncuran besar pertama sejak versi 10 tahun lalu dan mengikuti skema penamaan format “x.y” seperti pendahulunya.

Solusi ini hadir dengan peningkatan kinerja RDMS (Relational Database Management System) secara keseluruhan melalui peningkatan fitur yang terkait dengan basis data berukuran besar dan beban komputasi tinggi.

Siap-siap, Fintech akan Gerogoti Perbankan

"Dengan demikian, peluncuran minor PostgreSQL berikutnya adalah 11.1 yang diikuti dengan peluncuran besar versi 12. Ini fitur baru yang membuat perusahaan kian menguntungkan," ungkapnya di Jakarta, Jumat, 7 September 2018.

Julyanto memaparkan, PostgreSQL 11 menghadirkan fitur-fitur canggih yang tidak cuma menawarkan performa tinggi, tetapi juga mampu bersaing dengan solusi software database berbayar.

Perusahaan RI Didorong Lakukan Transformasi Digital Lewat Open Source

Solusi ini juga dilengkapi peningkatan signifikan pada sistem partisi tabel, menambahkan dukungan prosedur tersimpan berkemampuan manajemen transaksional, meningkatkan query paralel dan menambahkan kemampuan definisi data paralel, serta memperkenalkan kompilasi Just-in-Time (JIT) kode SQL.

Performa PostgreSQL 11 semakin ditingkatkan berkat fitur kompilasi Just-in-Time (JIT) yang mempercepat eksekusi ekspresi dalam query.

"Kemampuan mempartisi data dengan kunci hash, juga dikenal sebagai hash partitioning, menambah kemampuan yang ada saat ini untuk mempartisi data di PostgreSQL," paparnya.

Tak hanya itu, Julyanto menuturkan solusi ini meningkatkan lebih lanjut kemampuan federasi dengan peningkatan fungsi untuk partisi yang digunakan fitur "Foreign Data Wrapper/FDW".

Demi membantu mengelola partisi, PostgreSQL 11 memperkenalkan partisi "Catch-All" untuk menampung data yang tidak sesuai dengan kunci partisi dan kemampuan untuk membuat Primary Key, Foreign Key, Indeks, dan pemicu pada partisi yang diwariskan ke semua tabel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya