Alam Sudah Siapkan Penghancur Bumi

Ilustrasi asteroid.
Sumber :
  • www.pixabay.com/TBIT

VIVA – Para ilmuwan baru-baru ini menemukan asteroid monster raksasa, yang besarnya hampir tiga kali lipat London Raya.

Kenaikan Cukai Rokok Terlalu Tinggi, Pengamat Nilai Penerimaan Negara Jadi Tak Optimal

Batu besar dari luar angkasa itu disebut Palma. Jika menabrak Bumi, ia akan dengan mudah memusnahkan umat manusia dan setiap makhluk hidup lainnya.

Untungnya, asteroid itu tidak berada di jalur yang berpotensi tabrakan dengan planet kita. Ia terkunci di orbit yang stabil di sekitar Matahari, dan hidup di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Demikian seperti dirangkum dari Metro, Jumat, 13 September 2018.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Ilmuwan pertama kali melihat Palma pada tahun 1893, tetapi ukuran aslinya sekarang dapat terungkap setelah para peneliti menggunakan metode baru yang cerdas untuk mengetahui seberapa besar objek itu.

Para pengamat bintang mengatakan, Palma memiliki ukuran hampir 120 mil lebarnya, jauh lebih besar daripada batuan luar angkasa yang membunuh dinosaurus.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Astronom menggunakan National Baseline Foundation Very Long Baseline Array (VLBA) untuk mengamati batu itu melintas di depan galaksi yang disebut 0141 + 268, menghalangi gelombang radio yang memancar dari jauh.

Para ilmuwan biasanya mengamati asteroid saat mereka menghalangi cahaya yang dihasilkan oleh galaksi di titik yang jauh, dikenal dengan istilah okultasi.

Baru-baru ini tim pengamat bintang mengukur bagaimana sifat gelombang radio yang diterima di Bumi berubah saat asteroid lewat di depan 0141 + 268.

"Ini memungkinkan kami untuk memprediksi bentuk Palma dengan pengukuran tunggal dan pendek," kata Leonid Petrov, yang bekerja dengan Geodesy and Geophysics Lab di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard milik NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya