Ilusi Optik Ratusan Tahun Ini Bisa Prediksi Berapa Umurmu

Ilusi optik istri dan ibu mertua
Sumber :
  • Live Science

VIVA – Coba perhatikan gambar ini. Apakah kamu melihat seorang wanita tua atau wanita muda?

Kuis: Cuma yang Berbakat Bisa Temukan Perbedaan di Gambar Jerapah Ini

Mereka berdua dituangkan dalam ilusi optik terkenal yang pertama kali muncul di kartu pos Jerman 1888. 

Kemudian diadaptasi oleh kartunis Inggris William Ely Hill, yang menerbitkannya di sebuah majalah humor pada tahun 1915 dengan judul "Istriku dan Ibu Mertua". 

Uji Ketajaman Mata Anda! Temukan Angka 800 di Deretan 808 dalam 8 Detik!

"Tetapi orang yang Anda lihat pertama kali, bisa jadi menunjukkan berapa usia Anda," menurut sebuah penelitian baru yang dipublikasikan pada 23 Agustus dalam jurnal Scientific Reports.

Menggunakan Mechanical Turk dari Amazon, sebuah platform crowdsourcing online, para peneliti menunjukkan ilusi selama setengah detik pada 393 peserta di AS, antara usia 18 dan 68. 

Cuma yang Ber-IQ Tinggi Bisa Lihat Wanita, Kucing dan Anjing dalam Ilusi Optik Viral Ini

Mereka kemudian ditanya apakah mereka melihat binatang atau seseorang. Jika mereka mengatakan seseorang, apa jenis kelamin orang tersebut.

Ketika para peserta menjawab kedua pertanyaan dengan benar, mereka diminta untuk memperkirakan usia wanita dalam gambar itu.

Kebanyakan responden melihat wanita muda. Mereka yang berusia lebih muda cenderung melihat wanita muda yang menoleh ke arah bahu kanannya. 

Sedangkan responden yang lebih tua cenderung melihat wanita tua menghadap ke samping.

Secara keseluruhan, semakin muda peserta, semakin muda mereka memperkirakan usia wanita dalam gambar itu.

Seiring bertambahnya usia para peserta, demikian juga usia yang mereka berikan untuk wanita dalam ilusi optik. 10 persen termuda dari peserta memperkirakan usia wanita menjadi 12,1 tahun lebih muda dari 10 persen yang tertua dari partisipan. Ini bisa disebabkan oleh bias usia sendiri.

Lebih lanjut, menurut peneliti, temuan itu juga bisa menjadi cerminan praktik sosiokultural di AS yang cenderung kurang inklusif untuk orang tua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya