Julian Assange Mundur dari Wikileaks, Gantinya Seorang Wartawan

Pendiri Wikileaks, Julian Assange.
Sumber :
  • REUTERS/Peter Nicholls

VIVA – Situs pembocor dokumen rahasia Wikileaks punya pemimpin baru. Sebab, tokoh sekaligus pendirinya, Julian Assange, akan lengser dan diambilalih mantan Juru Bicara WikiLeaks, Kristinn Hrafnsson.

Bekas Antek CIA Dibui gara-gara Ungkap Cara Jebol HP hingga TV Pintar

Meski begitu, Assange masih terlibat dan mengawasi Wikileaks 'dari belakang layar', walaupun tidak lagi menjabat sebagai pimpinan situs yang berdiri pada Desember 2006 silam itu.

Mengutip situs Techcrunch, Jumat, 28 September 2018, Hrafnsson, seorang wartawan investigasi asal Islandia, ternyata bukanlah orang baru di Wikileaks. Di masa lalu, Hrafnsson bertugas mengawasi 'proyek-proyek hukum tertentu untuk WikiLeaks'.

Hakim Pengadilan London Tolak Ekstradisi Julian Assange ke AS

Assange saat ini masih berlindung di Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris, sejak dirinya mencari perlindungan pada 2012 untuk menghindari ekstradisi ke Swedia karena tuduhan penyerangan seksual.

Enam bulan lalu, pemerintah Ekuador di bawah Presiden Lenin Moreno mengambil tindakan tegas untuk 'mengasingkan' Assange. Caranya dengan memutus akses internet dan melarang Assange tampil di publik.

Pendiri Wikileaks Dituding Jadi Kaki Tangan Hacker

Tak pelak, hubungan Assange dengan Moreno menjadi tegang dan sebagai masalah buruk yang diwarisi dari pemerintahan sebelumnya.

Moreno mengatakan, bahwa dirinya akan mempertahankan status Assange 'selama hidupnya dianggap dalam bahaya'. Pernyataan ini menimbulkan kekhawatiran atas nasib dan masa depan pendiri WikiLeaks tersebut.

Ilustrasi hacker.

Five Famous and Most Dangerous Hackers in the World

Hacking is dangerous activity on PC system, and it tends to criminals. Well, there are some famous and dangerous hackers in the world.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2022