4 Intelijen Siber Terkuat Dunia, Nomor 3 Bikin AS Gigit Jari
Kamis, 11 Oktober 2018 | 17:17 WIB

4 Intelijen Siber Terkuat Dunia, Nomor 3 Bikin AS Gigit Jari

Terjadi pergeseran operasi intelijen yang kini memakai media siber.
Ilustrasi pelaku kejahatan siber.
Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi pelaku kejahatan siber.

VIVA – Pasca-serangan terorisme 11 September 2001 di New York, Amerika Serikat (AS), terjadi pergeseran dalam operasi intelijen. Pola mengumpulkan data dan informasi saat ini menggunakan media siber atau yang disebut intelijen siber atau cyber intelligence.

Pergeseran ini terjadi akibat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang masif, khususnya internet dan media sosial, selain penggunaan alat penyadap.

Berikut empat unit intelijen siber terkuat dunia yang diakui dan disegani Dunia Barat, berdasarkan data yang dikelola VIVA, Kamis, 11 Oktober 2018.

1. Unit 26165 Rusia

Unit ini di bawah Direktorat Intelijen Utama atau Glavnoye Razvedyvatel'noye Upravleniye (GRU). Artinya, seluruh personel Unit 26165 adalah elit militer yang memiliki program jangka panjang untuk menjalankan operasi ilegal di seluruh dunia, serta dipandang sebagai pemain dunia maya utama negeri Beruang Putih.

Bukan itu saja. Unit tersebut tidak memiliki situs web publik sendiri dan tidak berkomentar secara terbuka tentang tindakannya. Struktur, jumlah staf, serta pembiayaan dinas intelijen militer Rusia ini adalah rahasia negara.

loading...