Apple Beli Startup ML untuk Genjot Augmented Reality

Perusahaan teknologi Apple.
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple, resmi membeli perusahaan rintisan yang bergerak di mesin pembelajaran atau startup machine learning (ML) asal Denmark, Spektral. Pembelian ini sudah dilakukan tahun lalu senilai US$30 juta atau sekitar Rp458 miliar.

Jaga Kepuasan Pelanggan Purnajual dengan Teknologi AI

Mengutip The Verge, Kamis, 11 Oktober 2018, pembelian startup ini dibongkar Harian Denmark bernama Borsen. Spektral mengkhususkan diri pada teknologi layar hijau atau green screen secara real-time. Apple telah memfokuskan diri terlibat dalam teknologi augmented reality (AR).

Dengan akuisisi Spektral maka Apple dapat meningkatkan fitur Memoji atau FaceTime. Selain itu, kabarnya Apple juga sedang mengembangkan AR headset, yang rencananya akan dirilis pada 2020.

Terobosan Apple Kenalkan Fitur Baru yang Ramah Disabilitas

Spektral menggunakan machine learning dan teknik computer vision untuk 'memotong' orang dari background video secara real-time di ponsel pintar milik Apple, iPhone.

"Menggabungkan jaringan saraf dalam dan teori grafis spektrum dengan computing power dari GPU yang modern," demikian keterangan resmi Spectral mengungkapkan.

Siapakah Bapak Baptis AI yang Mengguncang Dunia?

Tak hanya itu, mereka juga menjelaskan mesin pembelajaran yang dimilikinya bisa memproses gambar dan video dari gambar secara real-time dengan 60 fpa. Hal ini bisa dilakukan secara langsung dari perangkat pengguna.

Sebelum akuisisi Spectral, Apple membeli saham Akonia Holographics pada September kemarin yang bergerak di lensa augmented reality. Sedangkan, pada 2017, Apple mengakuisi perusahaan teknologi eye-tracking dari Jerman, SensoMotorics Instruments.

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.

Indosat Sudah Satu Langkah Lebih Dekat

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Group siap mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya untuk mendorong pemanfaatan AI dan 'machine learning'.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024