Surat Terbuka Jack Ma untuk Idola, Sosok di Balik Kelahiran Alibaba – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Jumat, 9 November 2018 | 01:00 WIB

Surat Terbuka Jack Ma untuk Idola, Sosok di Balik Kelahiran Alibaba

img_title
Photo :
  • South China Morning Post

Jack Ma dengan Louis Cha

VIVA – Siapa tak kenal Jack Ma? Bos e-commerce asal China, Alibaba, yang sukses membawa bisnisnya mendunia. Sosok Jack Ma banyak dijadikan idola pemuda masa kini terkait rekam jejaknya membangun kerajaan dagang berbasis digital mulai dari nol.

Namun, barangkali tak banyak yang tahu. Jack Ma sendiri memiliki seorang panutan yang juga menginspirasinya. Ia bahkan pernah melontarkan perkataan untuk menggambarkan sosok idolanya itu: "Jika bukan karenamu, mungkin Alibaba tak pernah lahir".

Namanya Louis Cha, seorang penulis novel asal China, yang menggunakan nama pena Jin Yong. Ia pencipta karakter fiksi fenomenal. Jika di Hollywood banyak orang mengenal Marvel Universe, maka China juga punya Jin Yong Universe.

Kisah-kisah yang dituangkan Jin Yong dalam novel, membangkitkan kekaguman banyak masyarakat Tiongkok, termasuk Jack Ma. Dari 15 novel yang ditulis dengan epik, ada salah satu yang menyentuh Jack Ma, yaitu Wuxia, yang berarti pahlawan perang.

Di kalangan pembaca Tiongkok, novel Wuxia diklaim sebagai novel seni bela diri yang paling populer di dunia. Kedalaman panoramik yang diciptakan Jin Yong, membuatnya layak disandingkan dengan penulis The Lord of The Rings, JRR Tolkien. Ceritanya bahkan diadaptasi ke dalam drama, film, komik, dan video game.

Untuk menghormati sang idola yang telah mangkat, Jack Ma menulis surat terbuka yang dimuat di laman Sina Weibo, seperti diwartakan situs Medium, 5 November 2018, berikut ini.

Karena semangat "Xia" (berarti pahlawan ksatria dan kebajikan), saya merasa sangat terhubung dengan Anda. Novelmu fenomenal. Anda juga begitu.

Saya suka literatur Jin Yong tentang kebenaran dan keahlian. Saya suka kepribadiannya, keanggunan, dan kepolosannya seperti anak kecil.

Ketika saya pertama kali bertemu dengan Anda, saya seperti kotak yang tak berhenti bersuara, saya mengobrol tanpa henti selama tiga jam. Anda hanya mendengarkan dengan senyum. Saat itu terjadi, terasa seperti baru kemarin, tapi saya tahu itu tidak akan pernah terjadi lagi. Saya akan menyimpan ini sebagai pengingat.

Tanpa Jin Yong, Alibaba tidak akan pernah menjadi seperti sekarang ini. Tanpa Jin Yong, Alibaba tidak akan memiliki puluhan ribu pengusaha bergairah yang memulai bisnis mereka sendiri. Memulai bisnis berarti melakukan sesuatu yang orang lain tidak bisa lakukan. Bisnis 'xia' melayani negara dan rakyatnya.

Seseorang harus jujur pada hatinya seperti karakter dalam The Smiling, Proud Wanderer. Seseorang harus jujur pada teman-temannya sampai mati. Alibaba percaya pada kata-kata ini karena ia berasal dari Anda.

Kami menjadi sekelompok orang yang bersemangat dan saleh yang mengerjakan satu misi yang bermakna: "membuat bisnis mudah di mana saja".

Kami berjanji untuk janji kami selama bertahun-tahun. Kami berjuang. Kami berkelahi. Kami terluka. Kami gagal. Kami mengalami apa yang orang lain tidak bisa dan mencapai apa yang orang lain tidak bisa.

Tetapi satu hal yang tidak bisa kami tahan adalah ketidakbenaran. Kami memiliki mimpi heroik dan hati kami masih muda. Keinginan saya adalah memiliki roh 'xia' Anda untuk melanjutkan perjalanan yang berani ini di Bumi.

Anda meninggalkan kami dengan senyuman saat Anda menetap dengan pertempuran di Bumi.

Anda memberi saya nama yang berharga (yang berarti Gerakan Surga, diilhami oleh sebuah ayat dari Book of Changes: Karena gerakan Surga selalu giat, seorang pria harus tanpa henti berjuang).

Saya akan mengingat ini seumur hidup. Anda mengingatkan saya untuk tidak pernah meninggalkan kepercayaan saya. Saya akan mengingat ini selamanya.

Semua nama karakter dalam 15 novel Anda: Guo Jing, Huang Rong, Xingdian, the Free and Easy Wanderer, Rolling Thunder Hands, Su Quan, Yuyan. Terima kasih kepada Anda, saya sering berjalan ke "Pertobatan Tebing", berdebat di "Skyscraping Cliff", dan bertemu pelanggan di "Brightness Mountain". (Karyawan Alibaba memiliki nama panggilan yang dinamai sesuai karakter dan kamar Jin Yong seperti dalam novelnya).

Integritas, ikatan pertemanan, tanggung jawab, dan kemampuan untuk 'ikhlas' adalah nilai yang kami coba perjuangkan dan mendapat model dari Anda, Pak.

Semoga cinta untuk rumah dan negara kita, impian untuk menjadi 'xia' dan ketenangan untuk menghadapi tantangan apa pun di depan, berada dalam darah Alibaba selama beberapa dekade. Dan semoga ini menjadi warisan Anda selama 102 tahun. (Alibaba ingin menjadi perusahaan berusia 102 tahun)

Istirahatlah dengan tenang, Pak.

Seorang pahlawan membuat JiangHu, seorang JiangHu memiliki pahlawan. (Jianghu adalah komunitas seniman bela diri dalam cerita wuxia)

'Xiaia' kami hilang, tetapi roh 'xia' hidup.

Jack Ma. 31 Oktober 2018. Afrika.

    Muat Lainnya...