10 Topik Twitter Paling Ramai di 2018, Hashtag Jokowi Ungguli Prabowo

Presentasi #RameDiTwitter2018
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Alika

VIVA – Apa yang ramai di Twitter sepanjang tahun 2018? Jika kamu aktif sebagai pengguna platform media sosial berlogo burung ini, tentu tak sulit untuk menjawabnya. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sederet isu dan momen, mulai dari politik, hiburan, musik, hingga olahraga, menjadi cuitan warganet setiap harinya. Namun ada beberapa topik yang menjadi perhatian bersama, sehingga hashtag tertentu digemakan, kemudian menjadi trending.

Salah satunya yang mudah diingat adalah Asian Games 2018. Tak mengherankan sebab ajang olahraga se-Asia itu dapat dikatakan sebagai hajatan publik. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Selain itu, ada tagar-tagar lain yang juga meroket sebagai topik paling ramai dibicarakan di wilayah Indonesia. Apa sajakah? Untuk mengetahuinya, berikut ini data dari Twitter, tentang hashtag-hashtag yang #RameDiTwitter, dirilis pada Rabu, 5 Desember 2018 di Jakarta. 

1. #BTS 
Top 1 hashtag paling rame di Twitter ternyata #BTS. The ARMY (sebutan fans Bangtan Boys) membanjiri lini masa dengan tagar itu saat Twitter merilis emoji eksklusif untuk boyband asal Korea Selatan itu. 

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Tagar itu juga menempati posisi puncak trending topik global dan Indonesia dengan 1,7 juta kali tweet. 

2. #EXO
Lagi-lagi boyband asal negeri ginseng bertengger di posisi teratas trending topic Twitter. Para fans rame-rame nge-tweet menggunakan emoji EXO, yang juga dirilis Twitter, untuk merayakan satu tahun akun EXO. 

3. #AsianGames2018
Para pengguna Twitter Indonesia ikut menunjukkan rasa bangga terhadap terselenggaranya Asian Games 2018 dengan cuitan menggunakan hashtag tersebut. 

4. #WorldCup
Ajang Piala Dunia sepertinya menjadi momen yang tak terlupakan bagi pengguna Twitter. Dengan hashtag itu, warganet tak hanya membahas seputar pertandingan sepak bola, tapi juga momen di luar lapangan yang kemudian menjadi viral. 

5. #2019TetapJokowi
Hashtag bermuatan politik ini juga muncul sebagai yang rame di Twitter 2018. Setelah tagar #2019GantiPresiden mencuat pada Januari 2018, hashtag tandingannya bergulir, yaitu #2019TetapJokowi yang bertengger di posisi ke-5.

6. #2019PrabowoSandi
Setelah pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi resmi diumumkan menjadi kandidat capres-cawapres, warganet mengekspresikan dukungannya untuk masing-masing mereka dengan hashtag #2019PrabowoSandi dan #2019JokowiMaruf.

7. #JumatBerkah
Dari tahun ke tahun, hashtag ini tak bergeser dari posisi trending topic. Pengguna Twitter memanfaatkan hashtag ini untuk berbagi konten kebaikan di hari Jumat, biasanya mengacu pada agama, tapi ada juga yang menandakan sebagai waktu ceria karena menjelang akhir pekan. 

8. #RecehkanTwitter
Hashtag ini menandakan warganet haus konten-konten lucu dan menghibur di Twitter.

9. #PersijaDay
Hashtag ini mengacu pada momen ketika Persija bermain melawan Madura United pada kejuaraan Liga 1 2018.

10. #SambutRamadhan
Wujud syukur dan kebahagiaan pada bulan Ramadhan diekspresikan warganet melalui hashtag ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya