5 Tips Aman Belanja di Harbolnas 12.12

Harbolnas 2018
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 sudah di depan mata, nih. Pesta belanja di internet itu, meski secara resmi dimulai pada 12 Desember, sudah mulai dibuka di sejumlah toko online sejak 11 Desember.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Buat kamu yang belum familiar dengan belanja online, sejumlah aturan main perlu kamu ketahui. Hal ini terutama untuk mengantisipasi jika ada penipuan, atau hal-hal yang tak diinginkan. Barang yang sampai tak sesuai pesanan, proses pengiriman yang melenceng dari perjanjian, adalah contoh dari masalah belanja online.

Supaya aspek yang membuat kenyamanan belanja online di Harbolnas 2018 menjadi berkurang, dan agar terhindar dari modus penipuan online, perhatikan beberapa tips ini.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

1. Pilih situs yang terpercaya
Reputasi yang baik situs belanja online bisa menjadi parameter bagi kita untuk memberi kepercayaan membeli barang di platform-nya. Setidaknya situs-situs yang memiliki nama besar telah teruji kredibilitasnya di mata masyarakat.

2. Lihat review penjual
Sebelum memutuskan untuk memilih barang atau melakukan pembayaran, perhatikan profil toko online. Cek kapan masa bergabung, jumlah terjual, dan komentar ulasan dari pelanggan. Misalnya di Tokopedia, review penjual ini ditandai dengan tanda bintang.

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

3. Baca deskripsi produk baik-baik
Perhatikan keterangan spesifikasi produk. Pahami dengan benar kata demi kata yang dituliskan oleh penjual untuk menjelaskan produk yang dipajangnya. Jika perlu, cek silang dengan produk milik lapak lain. Apabila belum paham, atau ada kalimat yang mengganjal, jangan segan bertanya pada layanan pelanggan, via pesan atau telepon.

4. Simpan bukti pembayaran
Apapun sarana pembayaran yang kamu pilih, pastikan untuk menyimpan bukti transfer. Ini akan diperlukan untuk mengklaim keluhan atau melakukan pengaduan jika ada masalah transaksi atau barang yang datang tak sesuai pesanan.

5. Hati-hati modus pishing
Bisa dikatakan aspek ini cukup rawan. Pishing adalah upaya untuk mendapatkan informasi data korban, biasanya berupa identitas, password, dan data-data sensitif lainnya. Umumnya pelaku menyamar sebagai orang dari lembaga atau organisasi melalui email.

Kamu bisa langsung curiga jika ada yang meminta user id dan password. Begitu pula jika diarahkan untuk mengklik tautan yang ia kirimkan. Ingin aman, hindari saja.

Demikian sekilas tips belanja aman di Harbolnas 2018 dari tim VIVA Digital. Selamat berbelanja. (sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya