Tersandung TKDN, Ponsel Gaming Asus ROG Phone Batal Dijual

Asus ROG Phone.
Sumber :
  • Soya Cincau

VIVA – Ponsel gaming buatan Asus, ROG Phone, yang sejatinya akan dipasarkan di Indonesia pada akhir Januari 2019 diketahui masih memiliki kendala di TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Dengan begitu penjualannya tertunda hingga Februari 2019.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin, akhirnya buka suara terkait hal tersebut. Ia mengaku smartphone yang akan dibanderol mulai dari harga Rp12,9 juta ini belum memenuhi tingkat TKDN yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia, yaitu 30 persen.

"Untuk memenuhi persyaratan kami menggunakan software (perangkat lunak). Karena itulah kami mengalami sedikit kendala. Saat ini sedang terus kami usahakan," kata Lin di Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Umumnya, produsen smartphone memenuhi TKDN dengan perangkat keras (hardware), namun mereka memutuskan untuk memilih jalur perangkat lunak. Apabila diingat lagi, Asus juga menjanjikan paket penjualan, yaitu dengan berbagai aksesoris gaming.

Namun, Lin mengaku tidak semua aksesoris bisa mereka bawa, contohnya seperti WiGiG. Ponsel ini dibekali Snapdragon 845 dengan RAM 8GB, serta dua pilihan ROM yang ditawarkan, 128GB dan 512GB.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Sedangkan, untuk layarnya berukuran 6 inchi dengan refresh rate hingga 90Hz. Pada bagian belakang terdapat dual-camera dengan kekuatan masing-masing 12MP dan 8MP. Lalu, ada kamera selfie 8MP, dengan kapasitas baterai 4.000mAh.

Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024