Logo BBC

Nasib Uang Kripto Rp2,6 triliun yang Ditinggal Mati Pemiliknya

Gerald Cotten allegedly died in India on December 9th and allegedly left no passwords to access Quadriga`s funds - Gerald Cotten/Facebook
Gerald Cotten allegedly died in India on December 9th and allegedly left no passwords to access Quadriga`s funds - Gerald Cotten/Facebook
Sumber :
  • bbc

Mata uang kripto sering kali dipandang berbahaya, tetapi risiko yang tidak terduga benar-benar terjadi di Kanada.

Para penanam modal di Quadriga, tempat penukaran mata uang kripto terbesar negara itu, tidak dapat masuk ke akun dana senilai sampai US$190 juta atau Rp2,6 triliun - termasuk US$50 juta atau Rp696 miliar- karena kehilangan informasi password atau kata sandi.

Kenyataannya adalah "kunci" tersebut seperti terkubur bersama pendirinya, Gerald Cotten, yang tiba-tiba meninggal bulan Desember lalu di India.

Cotten, 30 tahun, adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas penanganan dana dan uang logam, menurut perusahaan itu.

Perusahaan penukaran mengatakan kepada pengadilan Tinggi Nova Scotia pada tanggal 31 Januari lalu bahwa mereka tidak bisa menemukan rekening dengan dana sebesar itu.


Mata uang kripto adalah digital atau hanya mata uang maya. - Getty Images

Menurut dokumen yang ditandatangani janda Cotten, Jennifer Robertson, laptop yang almarhum suaminya pakai untuk urusan bisnis perusahaan "dienkripsi dan saya tidak mengetahui kata sandi atau kunci pemulihan".