BNPB: Ibu Hamil Sangat Rentan Jadi Korban Bencana

Ratusan petugas SAR gabungan melakukan penggemburan tanah saat pencarian korban bencana tanah longsor di kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 4 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Kaum perempuan, khususnya para ibu, menjadi korban terbanyak saat bencana melanda. Sedangkan, ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan ketika bencana datang.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Lilik Kurniawan mengatakan, biasanya para ibu akan menutup kesempatan menyelamatkan diri untuk menyelamatkan anaknya sendiri.

"Kalau kita lihat memang sifatnya ibu melindungi anak. Kemarin melihat kejadian-kejadian bencana longsor, korbannya ibu dan anak," kata dia di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat, 8 Januari 2019.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Khusus ibu hamil, ia mengatakan masuk ke dalam kelompok rentan. Mereka akan membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelamatkan diri saat bencana.

Masalah akan timbul jika orang-orang yang membantu ibu hamil ini tidak ada. Maka dari itu, Lilik mendorong dilakukannya pendidikan khusus bagi para ibu, terutama ibu hamil.

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan, Ibu Hamil Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Kuyang

"Mereka akan ditempatkan menjadi fokus untuk mitigasi bencana. Mulai dari perkumpulan wanita hingga turun ke tingkat seperti desa akan menjadi tempat penyebaran informasi kebencanaan. Karena, biasanya informasi akan sulit didapatkan bagi kaum ibu," jelasnya.

Ia pun berharap informasi mengenai kebencanaan bisa disebarluaskan melalui percakapan sehari-hari. "Ketemu bisa obrolin seperti kalau ada gempa aku tinggal di rumahmu, ya, misalnya. Kita harapkan masyarakat mengetahuinya dan menyebarluaskan rencana informasi yang masuk," ujar Lilik.

Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024