9 Fitur YouTube Kids yang Jarang Diketahui – VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 11 Februari 2019 | 10:37 WIB

9 Fitur YouTube Kids yang Jarang Diketahui

YouTube Kids dilengkapi dengan fitur kontrol oleh orangtua
Photo :
  • Dok. VIVA/ Alika

YouTube Kids dilengkapi dengan fitur kontrol oleh orangtua

VIVA – Platform video YouTube Kids sejak diluncurkan pada 2015, telah menjadi aplikasi video streaming populer di kalangan anak-anak. Konten yang ditayangkan di YouTube Kids diklaim ramah anak, sehingga orangtua tak perlu khawatir.

Namun, jika ingin lebih aman lagi saat anak-anak mengakses YouTube Kids, menurut Child Safety Public Policy Manager di Google, Claire Lilley, ada beberapa tools yang bisa diaplikasikan orangtua.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari Mirror, Senin, 11 Februari 2019.

1. Pengaturan pencarian
Orangtua dapat menonaktifkan fitur pencarian jika mereka tidak menginginkan anak untuk menelusuri konten lain.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian daftar putar, lalu pilih saluran yang lebih terbatas.

2. Konten yang disetujui orangtua

"Orangtua memiliki kemampuan untuk memilih sendiri konten apa yang dapat ditonton anak-anak di dalam aplikasi," kata Lilley.

3. Profil anak
Jika orangtua memiliki anak lebih dari satu, mereka bisa membuat profil secara terpisah. Orangtua dapat mengatur konten untuk masing-masing profil yang tepat dengan anak. Cara ini sangat berguna ketika ada satu perangkat namun banyak yang menggunakan.

4. Kode sandi
Setiap anak atau profil dapat memiliki kode sandinya sendiri, hal ini akan mencegah pertengkaran antara mereka. Namun orang tua tetap dapat mengganti kode kapan pun mereka butuh.

5. Pengaturan suara
Bahkan musik latar dan efek suara bisa disenyapkan ketika anak-anak menonton video di YouTube Kids. Sehingga bagi orang tua yang ingin istirahat bisa tetap melanjutkannya, dan anak bisa tetap menonton.

6. Atur waktu
Platform ini memiliki fitur timer terintegrasi. Nantinya orangtua dapat membatasi waktu menonton anak-anaknya. Misalnya maksimal waktu nonton 30 menit saja. Maka setelah masa tersebut, sistem YouTube Kids akan mengirim notifikasi bahwa sesi menonton sudah selesai.

7. Koleksi konten
YouTube Kids telah menghadirkan beberapa saluran terpercaya yang mengangkat beberapa topik, seperti olahraga, kerajinan tangan dan musik. Mereka dapat memilih topik mana yang diinginkan untuk dapat diakses anak.

8. 360 video
Salah satu fitur yang paling menyenangkan ialah dukungan video 360 derajat. Lilley mengatakan, keluarga dapat menjelajahi dunia dengan fitur ini. Misalnya, dunia bawah laut hingga permukaan planet Mars.

9. Video offline
Di bagian akhir Lilley merekomendasikan layanan premium. Dengan mengaktifkan layanan tersebut, YouTube Kids akan bebas dari iklan dan bisa tersedia secara offline. (ann)
    

    Muat Lainnya...