Jalan Tol Berbasis 5G Tak Lama Lagi Bakal Jadi Kenyataan

Jalan raya di Malaysia.
Sumber :
  • Bernama

VIVA – Sebuah terobosan menarik dilakukan China. Dalam waktu dekat negeri tirai bambu tersebut akan membangun jalan tol pintar berbasis 5G pertama di dunia.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Pembangunan jalan tol nantinya akan menggandeng perusahaan telekomunikasi China Mobile. Demikian seperti dilansir Venture Beat, Sabtu, 16 Februari 2019.

Laporan menyebut tol itu akan mendukung jaringan seluler yang terkoordiinasi dengan layanan transportasi. Pembangunan akan dilakukan di Kota Wuhan, di Provinsi Hubei.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

China Mobile memulai proyeknya dengan stasiun tol pintar. Gerbang tol ini nantinya menghilangkan transponder termasuk operator yang biasanya adalah manusia.

Akan digunakan pula informasi lalu lintas secara real-time di mana prediksi akan dibuat berdasarkan Artificial Intelligence (AI) menggunakan data.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Diklaim perusahaan itu akan menjadi pertama yang menawarkan layanan transportasi komersial dan berkoordinasi di tol secara langsung. Meskipun sejumlah operator di berbagai negara dikabarkan juga sedang melakukan yang sama.

China Mobile sendiri telah membangun 31 BTS dengan jaringan 5G di Wuhan untuk mendukung kegiatannya.

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024