Logo BBC

Instagram, Platform Favorit Paedofil untuk Goda Anak-anak

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Instagram paling banyak dipakai penjahat seks untuk mempengaruhi atau grooming anak-anak dibandingkan platfrom daring lainnya, demikian temuan sebuah badan kemanusiaan Inggris, National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC).

Polisi di Inggris dan Wales mencatat 1.944 peristiwa komunikasi seksual dengan anak-anak dalam enam bulan sampai September 2018, kata LSM itu.

Instagram digunakan pada 32% dariĀ 1.317 kasus di mana sebuah metode dicatat, pada Facebook sebesar 23%, dan 14% di Snapchat.

Instagram dan Facebook menyatakan mereka secara "agresif" melawan grooming, sementara Snapchat menyatakan hal ini "tidak bisa diterima".

Setelah menghadapi tekanan para pegiat, komunikasi seksual dengan anak-anak diperlakukan sebagai sebuah pelanggaran hukum pada bulan April 2017.

Dalam waktu 18 bulan setelahnya, lebih dari 5.000 pelanggaran grooming online dicatat polisi, menurut data yang dikumpulkan NSPCC.

Badan tersebut menyatakan angka itu tidak "benar-benar mewakili skala masalah" karena banyak kejahatan yang tidak diketahui atau dilaporkan.