Misterius, Mendadak Muncul Danau di 'Neraka Bumi'

Death Valley
Sumber :
  • Science Alert

VIVA – Fenomena alam langka secara mengejutkan terjadi di Death Valley. Di padang pasir yang terletak di California Amerika Serikat ini dikabarkan muncul danau sepanjang 16 kilometer.

Kuis: Orang Bermata Jeli, Bisa Selamatkan Pria Ini dari Ular

Peristiwa ini dianggap misterius karena Death Valley merupakan tempat terpanas dan terkering di AS, bahkan sering dijuluki sebagai ‘neraka di Bumi’.

Live Science melaporkan pada Selasa, 12 Maret 2019, danau 'dadakan' itu terbentuk di dekat Salt Creek, area di dekat tepi timur Taman Nasional Death Valley.

Tergoda Santap Hidangan Buka Puasa dari Berbagai Negara dengan Suasana Gurun Pasir

Diperkirakan, kemunculan danau itu akibat terjangan badai yang membasahi gurun pasir dan seluruh California Selatan. Saat ini, di tengah lanskap gurun yang panas, ada sebuah danau yang sangat 'salah tempat'.

Gurun Arab Saudi Ditumbuhi Banyak Lavender Ungu, Warga: Tidak Ada yang Menyangka

Death Valley bukan hanya tempat terpanas di dunia, dengan suhu yang bisa mencapai 57 derajat Celsius, tetapi juga tempat paling kering di Amerika Utara.

Rata-rata Death Valley menerima kurang dari 2 inci (5 cm) curah hujan per tahun, menurut National Park Service. Biasanya, sekitar 0,3 inci (0,76 cm) dari curah hujan itu datang pada bulan Maret. Tetapi dalam satu hari pekan lalu ketika terjadi badai, curah hujan mencapai 213 cm.

Menurut ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional AS, Todd Lericos, padang pasir memiliki tanah kering dan padat yang tidak dapat menyerap air dengan baik.

Setelah terjadinya badai, fotografer Elliot McGucken dari California mengabadikan fenomena danau sembul itu dalam foto-foto.

(ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya