Main PUBG Dibatasi 6 Jam, Kominfo Bilang Menarik

Game PUBG/Ilustrasi.
Sumber :
  • Instagram/@pubg

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki aturan mengenai batasan umur bermain game. Pembatasan tersebut mulai umur 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun dan 18 tahun. Untuk game PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG, masuk kategori game yang paling minimal dimainkan usia dewasa.  

Jonatan Christie Won BAC 2024 After Defeating Li Shi Feng

"PUBG termasuk batasan 18 tahun," kata Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, di Gedung Kominfo Jakarta, Senin 25 Maret 2019. 

Khusus untuk PUBG, di India dikabarkan memiliki aturan pembatasan jam permainan. Dilansir laman News18, saat pemain sudah bermain selama enam jam, permainan berhenti dan pengguna mendapatkan notifikasi untuk bermain keesokan harinya. Aturan di India, pemain di bawah 18 tahun akan mendapatkan pengingat setelah dua dan empat jam sebelum mencapai enam jam main game

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

Menurut Semuel, pembatasan bermain game PUBG sangat menarik. Namun dia mengingatkan, perlu payung hukum pembatasan game dan berlaku bukan satu dua game saja namun untuk keseluruhan permainan online

"Kalau pembatasan itu kan artinya harusnya serempak. Nah itu mau enggak masyarakat diatur," ujar dia. 

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Dia menuturkan, belum ada rencana Kominfo untuk melakukan hal yang sama seperti India. Namun Semuel mengatakan, pembatasan jam main menarik untuk dikaji dan diusulkan. 

India pernah menahan 10 siswa karena bermain PUBG di tempat umum. Penahanan tersebut mengikuti aturan larangan bermain game oleh pemerintah administrasi daerah di Gujarat. 

Larangan itu mengacu karena PUBG memberikan dampak negatif pada kesehatan dan otak anak-anak. Selain itu, Pemerintah India melihat game tersebut mendorong anak-anak menjadi kasar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya