Demi Keselamatan Banyak Orang, BSSN Bikin Konferensi Tingkat Tinggi

Ilustrasi keamanan siber.
Sumber :
  • HIMSS

VIVA – Badan Siber dan Sandi Negara akan menggelar acara Symposium on Critical Information Infrastructure Protection atau CIIP-ID Summit pada 28-29 Agustus 2019 di Nusa Dua, Bali.

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara, Agung Nugraha, mengatakan CIIP-ID Summit mempertemukan para pemangku kepentingan keamanan siber nasional guna menyikapi perkembangan ancaman siber.

Lewat CIIP-ID Summit, perwakilan sektor swasta dan pemerintah dapat berbagi pengalaman tentang keamanan siber pada infrastruktur kritis nasional.

Indonesia Diserang 50 Juta Virus, Kaspersky Colek Badan Intelijen

"Kami mengundang seluruh pakar dan operator untuk infrastruktur kritis bagi semua negara yang sudah terdigitalisasi," ungkapnya di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Ia menjelaskan isu utama yang akan dibahas yaitu kesiapan industri menghadapi serangan siber, termasuk pembahasan langkah dan mitigasi bila terjadi serangan.

Pakar Keamanan Siber: Pendidikan Formal Tidak Berguna

"Semua terkoneksi, tapi jarang orang pahami informasi infrastruktur kritis. Baik BUMN dan swasta. Serangan IT termasuk ke sektor itu. Ini menyangkut keselamatan orang banyak," jelas Agung.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Xynexis International, Eva Noor, menuturkan hal yang sama mengenai pentingnya awareness terhadap keamanan siber. Ia juga mengingatkan bahwa kolaborasi antarsektor sangat penting.

"Tantangan di era digital ini semua sektor saling terkait. Dulu kita bicara ancaman berupa gempa bumi, kebakaran, atau bom. Sekarang, di era digital, ancaman berupa cyber attack maupun data breach. Jadi awareness-nya yang harus ditingkatkan," papar dia. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya