Facebook, IG dan WhatsApp Down, Kominfo: Bukan karena Masa Tenang

Facebook.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, mengaku bahwa Facebook sudah mengabarkan kalau ketiga platform mereka down.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Alasan yang diungkapkan mereka karena terdapat masalah pada server yang dimilikinya. "Ada gangguan server yang kena. Jumlah pengguna mereka, kan, tumbuh terus," kata dia di Jakarta, Senin, 15 April 2019.

Ferdinandus mengatakan jika hal itu bukan masalah malware ataupun penyadapan, tetapi murni server mereka yang bermasalah.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

"Jadi, tidak ada yang namanya penyadapan, perekaman data pengguna. Karena, memang platform mereka down di seluruh dunia, bukan Indonesia saja," papar Ferdinandus.

Sebelumnya, terdapat sejumlah pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menyatakan bahwa ada upaya merekam data akibat down-nya Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Dalam salah satu pesan, pemerintah dituduh melakukan penyadapan dan perekaman data lantaran telah ditemukan banyak transaksi dan berbagai hal yang tidak wajar.

Menkominfo Rudiantara secara tegas membantah adanya penyadapan dan perekaman data seluruh pengguna media sosial seperti Facebook, Instagram serta WhatsApp di Indonesia.

Ia mengaku, bukan kali ini saja informasi bohong atau hoax tersebut beredar ke publik.

"Saya tegaskan tidak ada sama sekali. Benar memang ketiga platform grup Facebook itu mengalami down. Tapi, kan, merata tidak hanya Indonesia yang merasakan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya